oleh

Guru Honorer Maumere Ini Rangkap jadi Petani Mileneal di Wajongaur Koting B

-EKBIS-788 views

MAUMERE, MN- Frit begitu namanya disapa. Frit merupakan seorang Guru Honorer di SMP Negeri 3 Nara yang menyempatkan waktu mengajarnya untuk mengusahakan budidaya tanaman hortikultura disaat pemerintah memberlakukan pembelajaran sekolah dari rumah akibat covid-19.

Dengan berbekalkan tekad dan semangat, Frid mengusakan lahannya seluas 0,5 ha untuk menanam cabe yakni cabe rawit, cabe keriting dan cabe besar.

Dalam budidaya cabe ini, guru muda ini selalu berkonsultasi dengan Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Koting yang didamping oleh Penyuluh Pertanian Desa Koting B yakni Frans Adritrianto, SP.

“Pak Frid ini orangnya sangat kreatif, selain budidaya tanaman cabe, beliau ini juga sebelumnya mengusahakan tanaman pekarangan rumah seperti tanaman sayuran dengan sistim vertikultur dan hidroponik, namun beliau melihat bahwa dengan mengusahakan horti dalam skala luas keuntungan lebih maksimal dan menjanjikan,” kata Frans Adrianto.

Hari ini, Rabu 7 Oktober 2020 saat ditemui media, Pak guru muda ini bersama dengan beberapa orang petani melakukan kegiatan panen perdana tanaman cabe yang ditanam 3 bulan yang lalu.

Hasil yang diperoleh cukup memuaskan dan dapat menambah penghasilan disamping sebagai guru honorer.

Menurut beliau, usaha budidaya tanaman ini, selain sebagai usahatani samping, metode ini dapat pula digunakan sebagai pembelajaran muatan lokal bagi anak-anak murid di sekolah.

“Anak-anak didik kita hendaknya diperkenalkan dengan dunia tanaman, agar kedepannya mereka l big dekat mengenal tanaman dan sebagai bekal untuk usaha di masa2 yang akan datang. Karena di jaman sekarang ini, orang-orang muda yang masuk ke kebun sangat minim sekalia, bahkan dapat dibilang tidak ada sama sekali. Orang-orang  muda menganggap pekerjaan bertani ini kotor dan ngetrend,” pungkas Frit.(MAR-R1)

Bagikan

Komentar

Berita Lainnya