oleh

Gelombang Rob Terus Hajar Jalur Jalan Pantai Utara Sikka

-NASIONAL-109 views

MAUMERE, MN- Dampak abrasi hebat, dipastikan akan melanda kawasan ruas jalan sepanjang kurang lebih 1,5 km ruas jalan Maumere-Magepanda, tepatnya di kawasan Tanjung.

Informasi yang diterima Maumere News, gelombang pasang tersebut menghantam setidaknya talud pantai sepanjang akibat musim timur saat ini.

Hantaman gelombang tersebut, dipastikan akan merusak sebagian besar talud pantai dan mengakibatkan abrasi serta merusak ruas jalan tersebut.

Beberapa warga Magepanda mengaku, saat air laut pasang, tinggi gelombang saat menghantam talud penahan pantai di tepi ruas jalan itu tingginya hingga mencapai 5 meter.

Percikan gelombang itu pun menyasar hingga ke bahu jalan dan menyebabkan, jalur jalan di kawasan itu mulai rusak tak beraturan.

Hal itu menyebabkan, para pengendara kendaraan bermotor, khususnya roda dua, harus ekstra hati-hati saat melewati ruas jalan itu.

Marco, salah seorang warga Kota Maumere, yang berhasil dikonfirmasi melalui saluran telepon selulernya, mengaku, jika kondisi ini terus terjadi, maka dipastikan kerusakan talud pantai akan bertambah hebat.

“Kalau bisa, Pemkab Sikka bisa mengusulkannya ke Balai Jalan dan Jembatan agar, tidak hanya dibangun talud penahan gelombang saja, tetapi harus dibangun talud pemecah ombak, sekitar beberapa meter dari bibir pantai. Sehingga gelombangnya tidak sampai ke darat dan merusak ruas jalan yang tepat berada di pinggir laut,” sarannya.

Hingga berita ini diturunkan, pihak Balai Jalan dan Jembatan Wilayah X NTT khususnya di Flores, belum dapat dikonfirmasi terkait dengan seperti apa rencana pengerjaannya untuk mengantisipasi kerusakan hebat di ruas jalan tersebut.(MAR-R1)

Bagikan

Komentar

Berita Lainnya