oleh

Dua Tahun Tak Berfungsi, Sumur Bor di Paga Sikka Terkesan Mubazir

-EKBIS-463 views

MAUMERE, MN- Proyek pembangunan sumur bor di Desa Paga Kecamatan Paga Kabupaten Sikka, yang dibangun pada tahun 2017 lalu terkesan Mubazir.

Pasalnya proyek yang dibangun dengan anggaran ratusan juta rupiah itu, terkesan tidak memberikan dampak bagi kebutuhan air bersih di kawasan itu. 

Dinas PUPR pun dinilai tidak mengevaluasi program dan kegiatan secara benar, sehingga sumber mata air tersebut tidak mampu memenuhi kebutuhan masyarakat yang saat ini tengah paceklik merasakan kekeringan. Bahkan sebagian besar wilayah di Kabupaten Sikka tengah mengalami krisis air bersih akibat kemarau yang berkepanjangan.

Pantauan wartawan, sumur bor yang dibangun 2 tahun lalu itu, hanya bisa memenuhi kebutuhan air bersih beberapa keluarga di sekitar mata air.

“Memang tahun 2017 lalu proyek ini dibangun, namun mungkin debit airnya sedikit sehingga hanya bisa mengairi beberapa rumah tangga saja di sekitar ini,” ujar Ming da Costa, pendamping desa di Kecamatan Paga Sikka ini kepada Maumere News, Jumat (22/11/2019).

Dia lebih lanjut mengatakan, seharusnya ada pengelolaan yang lebih baik, sehingga tidak terkesan Mubazir seperti saat ini.

“Saya pikir kalau memang tidak dikelola pemerintah, sebaiknya diserahkan ke desa sehingga menjadi aset desa. Kalau sudah ada penyerahannya maka dimungkinan bisa diintervensi oleh desa melalui dana desa, sehingga fasilitas ini bisa dipergunakan untuk kepentingan rakyat,” usulnya.

Dia juga menambahkan, aset ini bisa dikelola oleh BUMDes yang diharapkan juga pengaturan teknisnya bisa meningkatkan PADes. 

“Saya pikir itu mungkin jauh lebih efektif,” pungkasnya.(SON-R1)

Bagikan

Komentar

Berita Lainnya