oleh

Dua Nakes di RSUD Larantuka Akhirnya Jalani Karantina Mandiri

LARANTUKA, MN- Dua (2) dari 19 Tenaga Kesehatan  pada RSUD Hendrikus Fernandez Larantuka, Flores Timur (hasil tracking) yang mengadakan kontak erat dengan  kedua nakes yang terkonfirmasi Positip Covid-19 belum lama ini, kini menjalani karantina mandiri.

Direktur RSUD Hendrikus Fernandez, dr. Sanny, SE  yang didampingi Kabid Informasi, PSDM, dan Rekam Medik, dr. Paulus Lameng, serta Kasie Yanmed, dr. Sianne, ketika di konfirmasi insan media di ruang kerjanya, Jumad (8/1), tak memungkiri kenyataan tersebut.

“Kedua Nakes ini memang secara klinis memperlihatkan gejalah Covid-19, walau semua mereka (19) non reaktif Rapid! Karena atas hasil diagnosa tersebut, maka keduanya menjalani karantina. Berbeda dengan ke-17 lainnya ! Jadi dari ke-19 nakes yang mengadakan kontak erat dengan kedua nakes yang terkonfirmasi Covid-19 baru-baru ini, hanya dua nakes yang menjalani masa karantina mandiri akibat gejala klinis! Kemarin semua mereka telah menjalani pengambilan sampel Swab, dan kita tunggu saja hasil pemeriksaan Swab mereka !” urai dr. Sanny, yang dilanjutkan oleh dr. Sianne dan dr. Paul Lameng tentang pedoman penanganan sebagaimana beberapa kali perubahannya.

Kondisi itu berbeda dengan ke-16 nakes sebelumnya. Mereka hanya menjalani proteksi diri !

“Kalau yang 19 itu berurusan dengan dua nakes yang baru-baru ini terkonfirmasi Positif Covid-19. Sedangkan ke-16 itu berhubungan dua nakes lainnya yang sudah lebih dahulu terkonfirmasi Positif Covid-19. Riwayat kontak eratnya berbeda dengan mereka yang baru-baru ini. Berkontak dengan menggunakan APD lengkap, dan intensitasnya pun singkat ! Olehnya, mereka tidak dikarantinakan, hanya melaksanakan proteksi diri!” terang dr. Sianne yang diamini dr. Sanny dan dr. Paul.(GOE-R1)

Bagikan

Komentar

Berita Lainnya