oleh

Dispar Sikka Latih 40 Kader Pengelola Destinasi Pariwisata

MAUMERE, MN- Dinas Pariwisata Kabupaten Sikka, Kamis (22/10/2020) menggelar pelatihan tata kelola destinasi pariwisata Kabupaten Sikka yang berlangsung di Hotel Camilus Sosial Center di Jalan Gajah Mada Kota Maumere.

Pelatihan itu melibatkan sedikitnya 40 pengelola destinasi dari 6 Desa di Kabupaten Sikka.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sikka, Petrus Poling Wairhaming dalam kesempatan itu mengatakan, penataan dan pengelolah destinasi pariwisata yang secara baik, maka harus mempersiapkan insan pariwisata.

“Kita punya banyak destinasi atau potensi pariwisata di Kabupaten Sikka. Sektor kepariwisataan ini merupakan kunci keberhasilan peningkatan ekonomi daerah. Memang tahun ini, jumlah kunjungan wisata mengalami penurunan, kita hanya mencapai 0,7 persen dari tahun sebelumnya. Hal ini lebih disebabkan karena adanya pandemi covid 19 yang melanda seluruh dunia,” ujarnya.

Untuk itu, perencanaan ke depannya, semua pihak harus perlu mengetahui sejauh mana potensi yang dimiliki dan mulai dari mana pengembangannya, dengan memanfaatkan kemajuan teknologi yang ada saat ini.

Dia menambahkan, media sosial menjadi salah satu alternatif bagi pengembangan ini, karena media sosial juga memiliki peran yang bagus untuk digunakan unuk promosi.

“Kita lihat saat ini, realitas di desa masing-masing yang perlu dikembangkan. Contoh kecil orang Jawa yang tidak banyak punya destinasi, namun mereka pintar untuk mengembangkannya. Untuk itu, kita harus melihat peluang di Kabupaten Sikka,” tegasnya.

Dalam kesempatan itu, dia juga menegaskan, nilai minus bagi sebuah destinasi pariwisata yakni soal  kebersihan.

“Untuk itu, kita harus kreatif dan punya mimpi serta selalu mengemmbangkan tempat pariwisata kita yang tetap mengandalkan kebersihan dan mempertahankan kondisi alami. Untuk itu, ke depannya, prinsip penyelenggaraan pariwisata kita harus menggunakan pariwisata berbasis masyarakat,” pungkasnya sambil berharap seluruh pihak harus terus membangun komunikasi yang baik dalam mengembangkan potensi pariwisata di daerah ini.(MAR-R1)

Bagikan

Komentar

Berita Lainnya