oleh

Di Sikka, Rayakan Hari Lahir Pancasila Dengan Balutan Pakaian Adat

-SOSBUD-2.066 views

MAUMERE, MN- Acara peringatan Hari Lahir Pancasila hari ini berlangsung di Lapangan Umum Kota Baru, yang dipimpin langsung oleh Bupati Sikka,  Fransiskus Roberto Diego dan dihadiri oleh unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FORKOPIMDA) Kabupaten Sikka, sejumlah pejabat daerah dilingkup Pemkab Sikka dan juga perwakilan dari beberapa sekolah dari tingkat SD-SMA/SMK di Kota Maumere.

Bupati Sikka dalam amanatnya menyampaikan, semua warga Kabupaten Sikka sangat memahami arti dan makna dari Pancasila. Semua itu terbukti dengan tetap terjaganya toleransi antar umat beragama di Kabupaten Sikka.

Masyarakat Sikka juga diharapkan tetap menghormati dan menghargai kebhinekaan dan juga mendorong masyarakat untuk terus mengamalkan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

“Kita harus bersyukur dan terus memperkuat Pancasila yang telah menunjukan dan memungkinkan kita hidup berdampingan secara damai, harmonis dan penuh toleransi dengan siapa saja yang berbeda latar belakang,” kata Robi Idong dalam amanatnya.

Dia juga melanjutkan Pancasila menjadi sistem nilai yang hidup. Untuk itu, harus menumbuhkembangkan nilai-nilai Pancasila kepada semua generasi, terutama para generasi penerus bangsa Indonesia yang kita cintai ini dalam situasi politik di akhir-akhir ini yang tidak kondusif.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Bupati Sikka, Romanus Woga membawakan sebuah Puisi tentang Pancasila.

Acara peringatan Hari Lahir Pancasila kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena semua peserta upacara mengenakan busana adat. (YAM/GOS-R2)

Bagikan

Komentar

Berita Lainnya