oleh

Di Maumere, Pemcam, Nakes dan Polsek Nelle, Geser Jumat

-DIKKES-169 views

MAUMERE, MN- Pemerintah Kabupaten Sikka bersama Polres Sikka melalui Pemerintah Kecamatan (Pemcam) Nelle, tenaga kesehatan (nakes) Puskesmas Nelle dan Kepolisian Sektor (Polsek) Nelle dalam rangkaian Hari Kesehatan Nasional ke-56 melaunching Gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk DBD dengan Brand #GESER JUMAT (Gerakan SERentak MengunJUngi dan MeMAntau JenTik Nyamuk setiap Hari JUMAT) Menuju Kecamatan Nelle bebas Demam Berdarah Dengue dengan tema Satukan tekad menuju Indonesia Sehat Mulai Dari Nelle, Jumat (13/11/2020).

Kegiatan ini dilaksanakan di Halaman Kantor Camat Nelle.

Kegiatan diikuti oleh Aparatur Sipil Negara Kantor Camat Nelle, UPT. Puskesmas Nelle, Kepolisian Sektor Nelle, para Pendamping Desa/Pendamping Lokal Desa, Pendamping Program Keluarga Harapan, para kader pemantau jentik nyamuk desa dan lintas sektor dan TGC (Tim Gerak Cepat) penanggulangan DBD se-Kecamatan Nelle.

Kegiatan diawali dengan apel bersama disertai pembacaan ikrar per unit kerja dalam wilayah Kecamatan Nelle untuk memberantas sarang nyamuk, senam bersama dan dilanjutkan dengan turun langsung ke desa-desa se-Kecamatan Nelle untuk melaksanakan kegiatan pemantauan jentik nyamuk dan tindak-tindakan pemberantasan sarang nyamuk.

Camat Nelle Nicolaus Emanuel, S.Sos. dalam sambutannya menegaskan pentingnya penyelarasan program-program pemerintah dalam bidang kesehatan baik dari tingkat pusat sampai ke tingkat RT/RW di desa-desa.

“Kita berharap agar ke depannya semua program peningkatan kesehatan masyarakat dapat berjalan baik di Kecamatan Nelle, termasuk pemberantasan sarang nyamuk dan perilaku hidup bersih dan sehat. Nelle harus zero kasus DBD, kami sudah membentuk Tim Gerak Cepat Pemberantasan DBD Kecamatan Nelle, untuk itu kami sangat harapkan dukungan semua warga masyarakat Kecamatan Nelle, lintas sektor seperti Puskesmas Nelle, Kepolisian Sektor Nelle, Pendamping Desa dan seluruh aparatur desa se-Kecamatan Nelle bersama BPD,” Emanuel.

Di samping itu, Kepala Puskesmas Nelle Tarsisius Y. N. Selung, S.KM. menjelaskan bahwa untuk Kecamatan Nelle bulan Januari s.d. Mei 2020 terdapat 83 kasus DBD, 1 kasus kematian akibat DBD dan Angka Bebas Jentik (ABJ) masih di bawah 95%.

“Nelle termasuk Kecamatan yang rawan DBD sehingga hari ini kami melaunching satu program yang namanya GESER JUMAT dengan harapan hari Sabtunya ABJ bisa 100%. Hari ini juga kami tim TGC DBD Kecamatan Nelle membawa 2 sticker yang merah untuk rumah yang punya potensi besar DBD dan yang hijau untuk rumah yang bebas jentik nyamuk. Sticker merah ini akan terpasang selama 3 hari sebagai sanksi sosial bagi masyarklat yang tidak mematuhi arahan untuk pemberantasan sarang nyamuk penyebab DBD. Ke depannya Kegiatan GESER JUMAT akan terus dilaksanakan secara berkelanjutan dengan melibatkan semua unsur terkait dan masyarakat,” tambah Tarsi.(SON-R1)

Bagikan

Komentar

Berita Lainnya