oleh

Di Maumere, 5 Traffic Light Tak Berfungsi

-SOSBUD-847 views

MAUMERE, MN- Sejumlah pengendara kendaraan bermotor di Kota Maumere, mengeluh soal 5 traffic light yang hingga saat ini tidak lagi berfungsi.

5 tempat traffic light yang tidak berfungsi yakni di perempatan Jalan Mgr. Sugiyo Pranoto atau di perempatan Patung Kristus Raja, Perempatan Patung Ikan Tuna, Perempatan Pengadilan Negeri Maumere, Perempatan Polres Sikka dan Pertigaan PLN.

Pantauan wartawan, akibat tidak berfungsinya traffic light, menyebabkan para pengendara nyaris tabrakan di ruas jalan tersebut, terutama pada jam-jam sibuk.

Beberapa pengendara pun harus saling marah, karena sejumlah pengendara melaju dengan kecepatan tinggi. Bahkan, mereka pun tidak menggunakan lampu rating, sehingga membingungkan para pengendara yang datang dari arah yang berlawanan.

Yohanes Aristo, salah seorang pengendara yang berhasil ditemui di perempatan Patung Kristus Raja mengatakan, pada kondisi ramai, terutama pada pagi dan sore hari, kepadatan lalu lintas kendaraan bisa terlihat dengan jelas.

“Kami berharap instansi teknis terkait bisa segera mengambil langkah. Karena pembangunan itu bermuara kepada peningkatan kesejahteraan masyarakat, bukan menyengsarakan masyarakat dengan cara seperti ini. Kalau laka lantas terjadi dan mendatangkan korban, lalu siapa yang mau bertanggungjawab,” ketusnya.

Dia juga mengatakan, beberapa perempatan jalan di Kota Maumere yang traffic lightnya mengalami kerusakan, sudah berlangsung sekian lama, namun perbaikan pun tak kunjung datang dari pemerintah daerah.

Lain dengan Aristo, Francis Regis, dalam keterangannya juga mengatakan, pembenahan perlu dilakukan segera oleh dinas terkait dalam hal ini Dinas Perhubungan.

“Kalau saya melihatnya sepertinya terkesan pembiaran oleh instansi teknis terkait. Jangan sampai jatuhnya korban jiwa barulah ada tindakan. Menurut saya, upaya preventif harus segera dilakukan oleh Dinas Perhubungan, sehingga tidak menimbulkan masalah baru lagi di kemudian hari,” tegasnya.

Dia juga mengatakan, perbaikan traffic light di beberapa tempat tersebut, tak pernah dilakukan. Hanya saja, menurutnya, beberapa lokasi dibangun dengan traffic light yang baru yakni menggunakan tenaga surya, namun kondisinya pun tidak jauh berbeda dengan sebelumnya.

Terkait dengan persoalan tersebut, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Sikka, hingga berita ini belum dapat dikonfirmasi soal rusaknya sejumlah titik traffic light di Kota Maumere.(SON-R1)

 

Bagikan

Komentar

Berita Lainnya