oleh

Di Kegiatan BKKBN, Bupati Sikka: Pemimpin Harus Kenali Warganya

-METRO-736 views

MAUMERE, MN- Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo, menegaskan sebagai pemimpin, masing-masing orang harus tahu dan kenal betul tentang warganya. Karena jika tidak mengenal warganya, maka amanah yang diemban kepadanya tidak dipergunakan sebaik-baiknya dan itu bukan tipe seorang pemimpin.

Hal itu diungkapkan Bupati Sikka, saat bertanya kepada beberapa camat dan kepala desa yang tidak mengetahui secara pasti jumlah kepala keluarga di wilayahnya, dalam kegiatan advokasi dan KIE program KKBPK yang berlangsung di Capa Hotel Maumere, Jumat (22/11/2019).

Apa yang disampaikan Bupati tersebut, memberikan makna bahwa sebagai pemimpin harus turun ke masyarakat untuk mengetahui dari dekat apa yang dirasakan, dialami, dibutuhkan dan diharapkan oleh masyarakat.

Bupati dalam kesempatan itu juga mengatakan, selama ini pejabat hanya duduk bicara program, tetapi jika hasil capaian tidak berhasil maka percuma saja membuang-buang waktu dan menghabiskan anggaran untuk sesuatu yang tidak penting.

“Kita harus bisa tahu berapa jumlah KK kita, berapa yang miskin dan berapa yang sudah mandiri. Lalu dari persoalan itu tentu kita harus bisa menganalisa program apa yang mestinya kita dorong agar bisa membawa mereka keluar dari garis kemiskinan. Itu tugas seorang pemimpin,” ingat Bupati kepada 160 peserta kegiatan itu yang terdiri dari camat, lurah dan kepala desa se Kabupaten Sikka.

Orang Nomor Satu di Sikka ini pun mengingatkan kepada camat, lurah dan kepala desa untuk mulai berinovasi dengan kondisi serta potensi wilayahnya agar wilayahnya terus bergerak maju.

Dikatakan, di Kabupaten Sikka ada sebanyak 1.400 kepala keluarga yang masih berada di bawah garis kemiskinan. Dari jumlah tersebut, terdapat 22.000 jiwa yang perlu mendapatkan perhatian dari pemerintah.

“Ini pekerjaan rumah besar kita semua, sebagai bupati, camat, lurah dan kepala desa, agar kita kerja bersama. Ini sebuah amanah yang dititipkan Tuhan kepada kita,” tegasnya.(MAR-R1)

 

Bagikan

Komentar

Berita Lainnya