oleh

Di Blatatatin, Bupati Sikka Puji Kadesnya, Apa Alasannya?

-EKBIS-651 views

MAUMERE, MN- Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo, memuji peran serta pemerintah desa dalam menunjang program pemerintah pusat guna mendapatkan sertifikat tanah oleh masyarakat secara gratis. 

Hal itu disampaikan Bupati Idong, sapaan akrabnya saat membagikan 572 sertifikat tanah kepada masyarakat di Desa Blatatatin Kecamatan Kangae Sikka, Selasa (15/10/2019). 

Dalam kesempatan itu Bupati memuji Kepala Desa Blatatatin atas upayanya menanggung beban biaya administrasi bagi 572 sertifikat tanah milik masyarakat.

“Tugas pemerintah memang harus demikian, ketika kebutuhan masyarakat belum terpenuhi ada kebijakan yang mesti diambil, agar memberikan kemudahan bagi masyarakat. Pemerintah ini hadir karena adanya masyarakat. Sertifikat tanah yang diperoleh hari ini merupakan hak-hak dasar masyarakat yang perlu mendapat dukungan dari pemerintah,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Pertanahan Sikka, Fransiska Vivi Nggagas, dalam kesempatan itu menyebutkan, untuk tahun 2019 ini ada sebanyak 7.500 sertifikat tanah yang sudah diberikan kepada masyarakat dari 8.500 kegiatan pengukuran. 

“Secara keseluruhan untuk Kecamatan Kangae, sudah sebanyak 2.136 sertifikat tanah yang sudah diserahkan kepada masyarakat. Sementara untuk Kabupaten Sikka total sertifikat yang sudah diterbitkan sebanyak 20 ribu-an dan sudah diserahkan kepada masyarakat,” tegasnya.

Dia juga menambahkan, pendaftaran tanah sistimatis lengkap (PTLS) ini, merupakan program pemerintah dalam rangka mendorong adanya kepastian hak atas tanah, meminimalisir sengketa tanah dan mendorong peningkatan ekonomi masyarakat dengan memanfaatkan sertifikat tanah.

“Untuk itu, jangan dijual sertifikatnya, jag baik-baik sertifikatnya dan jika memang dibutuhkan untuk pengembangan usaha, dapat digadaikan di bank untuk modal usaha. Tanah pertanian yang sudah bersertifikat, agar dikelola secara baik dalam rangka peningkatan ekonomi masyarakat,” tutupnya.

Acara penyerahan 572 sertifikat tanah tersebut dihadiri oleh puluhan aparat desa dari 9 desa di Kecamatan Kangae, para pimpinan OPD serta tamu undangan lainnya.(MAR-R1)

Bagikan

Komentar

Berita Lainnya