oleh

Di 2021, Anggaran Penanganan Covid Kabupaten Flotim, Berbaur dalam BTT

-METRO-132 views

LARANTUKA, MN- Anggaran penanganan Covid-19 di Kabupaten Flores Timur pada Tahun Anggaran 2021, tidak berdiri sendiri, namun berbaur dalam Pos Biaya Tak Terduga (BTT). Dalam APBD murni Tahun Anggaran 2021, pada Pos BTT, teralokir anggaran sebesar Rp 6.000.000.000.

Ketua DPRD Flotim,Robertus Rebon Kreta, S.Pd kepada wartawan usai menutup Paripurna Masa Persidangan I Tahun Sidang Kedua, Senin (28/12) pukul 22.15 wita, menegaskan, pihaknya bersama Pemkab Flotim tetap berkomitmen untuk memerangi Covid-19.

“Komitmen kami (DPRD dan Pemkab Flotim ) terukur by document sebagaimana dalam APBD TA 2021, terpangkukan pada Pos BTT, 6 Milyar. Pos yang satu ini sifatnya Open Menu. Artinya tidak saja untuk penanganan Covid-19,namun juga untuk penanganan hal-hal lain yang diluar kemampuan manusia.Intinya, konsentrasi pada penanganan Covid-19 tetap terfokus ! Pasca penetapan ini, selanjutnya kami akan melakukan pengawasan secara politik. Dan bila kedepannya terjadi lagi kondisi serupa sebagaimana pasca Penetapan APBD Tahun Anggaran 2020 silam, maka DPRD juga siap untuk melakukan penyesuaian sejumlah anggaran (Refocussing-Realokasi ) untuk kepentingan penanganan Covid-19 di Kabupaten Flotim ini,” ujar Robert Kreta.

Tentang pembauran anggaran penanganan Covid -19 dalam BTT tersebut,pun sempat ‘diburu’ oleh warga Banggar DPRD Flotim dalam Paripurna penyesuaian APBD TA 2021 itu.

Wakil Ketua DPRD Flotim,Yosep Paron Kabon dan Mathias Werong Enay serta anggota Banggar Rofin Kabelen,bahkan mengkuatirkan pemanfaatan anggaran tersebut, akan tidak terkonsentrasi apabila Flotim lagi-lagi berhadapan dengan situasi sebagaimana terjadi di Tahun 2020.

“Di tahun lalu ,tanaman Jagung petani Flotim terserang hama ulat Grayak.KLB ! Dan kini sudah ada tanda-tanda serupa !Nah bila situasi itu terjadi lagi dan bersamaan dengan semakin meningkatnya jumlah pasien terkonfirmasi Positip Covid-19 saat ini serta aktivitas penanganannya,seperti apa konsetrasi penangananya,sedangkan anggarannya satu,terpangkukan sebagai BTT ?” sergah mereka.

Sekertaris Daerah,Paulus Igo Geroda pun santai menanggapi.Mengakui Open Menu pada Pos BTT tersebut,ruang Refocussing-Realokasi pasti akan kembali dilaksanakan,apabila menghadapi situasi sebagaimana yang terjadi di TA 2020.Prinsipnya,Pemerintah melalui Satuan Gugus Tugas Kabupaten Flotim,tetap serius menangani Covid-19 dan mengajak semua pihak untuk bersama-sama aktif memutuskan mata rantai penyebaran Covid di Kabupaten Flotim ini.(GOE-R1)

Bagikan

Komentar

Berita Lainnya