oleh

Dalam Waktu Dekat, Kantor SAR Maumere Akan Naik Status Jadi Kelas A

-SOSBUD-804 views

MAUMERE, MN – Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Maumere dalam waktu dekat akan ditingkatkan statusnya dari Kelas B menjadi Kelas A.

Hal tersebut disampaikan Direktur Operasional Basarnas, Brigjen TNI (Mar) Budi Purnama, SIP, M.Agr dalam sambutannya pada kegiatan Rapat Koordinasi dan Pelatihan Potensi Pencarian dan Pertolongan Kantor SAR Maumere pada Senin (24/06/2019) di Hotel Capa.

Dalam sambutannya, Budi Purnama mengatakan, sejak 2018 hingga Mei 2019, Kantor SAR Maumere telah melakukan operasi pencarian dan pertolongan terhadap kecelakaan sebanyak 38 kali dan Kondisi Membahayakan Manusia (KKM) sebanyak 18 kali.

Pada awal berdiri di tahun 2008, Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Maumere masih berstatus Pos SAR Maumere dengan jumlah personel sebanyak 5 orang. Pada Tahun 2017, dengan jumlah personel sebanyak 28 orang. Di tahun 2019, jumlah personel ditambah menjadi 40 orang yang didukung dengan kapal dan peralatan lainnya.

Budi menambahkan, untuk membantu Pemerintah Daerah Sikka, Basarnas Pusat terus menambahkan peralatan dan tenaga dan targetnya personel akan ditambah menjadi 250 orang.

“Dalam waktu dekat 2 (dua) kantor Pos SAR yaitu Alor dan Labuan Bajo akan kita tingkatkan menjadi Kantor SAR dan Kantor SAR Maumere akan tingkatkan dari Kelas B menjadi Kelas A. Maka jumlah personel dan peralatan pun akan kita tambah,” ungkat Budi.

Sementara itu, Wakil Bupati Sikka, Romanus Woga dalam sambutannya mengatakan, Pemerintah Kabupaten Sikka sangat terbantu dengan hadirnya Kantor SAR Maumere.

“Pemerintah sangat terbantu sekali dengan hadirnya Kantor SAR Maumere. Mengingat Maumere ini daerah pariwisata dan daerah kepulauan dan juga daerah rawan bencana,” ungkap Romanus.

Romanus menambahkan, Pemerintah Daerah juga akan terus mendukung Kantor SAR Maumere dalam melaksanakan tugas mulia yang bermanfaat bagi Kabupaten Sikka demi kemanusiaan.

Kepala Kantor Basarnas Maumere, I Putu Sudayana, SE, M.Ap dalam sambutan menyampaikan, tujuan dari kegiatan Rakor dan Pelatihan ini adalah untuk memberikan bekal pengetahuan dan ketrampilan kepada seluruh potensi SAR yang sering melakukan operasi SAR di lapangan.

Kegiatan Pelatihan Potensi SAR Pertolongan di Permukaan Air (Water Rescue) akan dilaksanakan di Aula Hotel Permata Sari Maumere dan di Dermaga SAR Wailiti dari tanggal 24 sampai 28 Juni 2019.

Jumlah peserta Pelatihan Potensi SAR Pertolongan di Permukaan Air (Water Rescue)tahun 2019 berjumlah 40 orang. (ACQ-R2)

Bagikan

Komentar

Berita Lainnya