oleh

Cegah Covid 19 di Jalur Transportasi, Dishub Sikka Berlakukan Aturan Baru

-METRO-876 views

MAUMERE, MN- Sosialisasi terkait dengan protokol kesehatan bagi warga di Kabupaten Sikka, terus dilakukan oleh semua instansi teknis di wilayah ini.

Tak ketinggalan Dinas Perhubungan Kabupaten Sikka, melalui Bidang Perhubungan dan Bidang Pengembangan dan Keselamatan, melakukan berbagai upaya untuk memberikan penyadaran kepada warga Sikka bagaimana bergerak bersama melawan pandemi covid 19 di wilayah itu.

Pantauan wartawan, sosialisasi tersebut dilakukan di dua titik pintu masuk Kota Maumere, yakni di Terminal Timur dan Terminal Barat, Rabu (13/5/2020).

Setiap pengendara dan penumpang khususnya kendaraan angkutan umum, diminta untuk menggunakan masker dan juga mencuci tangan di tempat cuci yang sudah disediakan oleh pihak Dinas Perhubungan.

Kepala Bidang Perhubungan pada Dinas Perhubungan Kabupaten Sikka, Petrus Pieter, dalam keterangannya kepada Maumere News, Rabu (13/5/2020) mengatakan, penertiban ini sebagai bentuk sosialisasi kepada publik, khususnya warga Kabupaten Sikka untuk mengikuti protokol kesehatan dalam penanganan covid 19 di Kabupaten ini.

“Sebagaimana kita ketahui, bahwa Kabupaten Sikka merupakan salah satu tempat transit dari beberapa kabupaten lainnya, olehnya tindakan antisipasi mestinya harus dilakukan. Selain itu, kita juga melakukan sosialisasi, bahwa melawan pandemi covid 19 ini bukan hanya tugas pemerintah semata, tetapi menjadi tanggungjawab seluruh warga Nian Tana Sikka,” ujarnya.

Sosialisasi ini, lanjut dia, telah dilakukan pemerintah selama ini. Untuk itu, saat ini, tindakan represif kita lakukan dalam menertibkan seluruh pengemudi kendaraan umum termasuk penumpangnya, agar wajib mengenakan masker dan selalu mencuci tangan, sebagai salah satu syarat dalam mencegah penyebaran covid 19 di wilayah ini.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengembangan dan Keselamatan pada Dinas Perhubungan Sikka, Petrus Riba, juga mengatakan, penyebaran covid 19 melalui jalur transportasi darat, menjadi atensi pihaknya dalam rangka keselamatan bagi pengemudi dengan pengguna jasa transporasi darat di wilayah ini.

“Saat ini jalur penerbangan dan jalur transportasi laut, sudah ditutup untuk sementara waktu. Untuk itu, jalur transportasi darat ini sebagai transmisi lokal, harus diantisipasi lebih awal, dalam rangka untuk pencegahan penyebaran covid 19 di Kabupaten Sikka,” tegasnya.

Pantauan wartawan, sejumlah pengemudi yang tidak mengenakan masker, disuruh untuk putar balik dan tidak boleh masuk Kota Maumere selama belum mengenakan masker.(SON-R1)

 

 

Bagikan

Komentar

Berita Lainnya