oleh

Bupati Sikka Tetap Fokus Pemenuhan Hak Dasar Rakyat

-DIKKES-796 views

MAUMERE, MN- Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo, akan tetap komit untuk tetap mendorong pemenuhan hak-hak dasar masyarakat di seluruh wilayah Kabupaten Sikka. Komitmen itu dituangkan dalam setiap kebijakan yang diambilnya sejak memimpin Sikka 2018 lalu.

“Banyak program yang sudah dilaksanakan oleh para pemimpin terdahulu. Yang baik kita pertahankan dan kita tingkatkan, sementara yang belum kita perbaiki agar lebih baik lagi. Untuk itu, saat ini pemerintah lebih konsen ke pemenuhan hak-hak dasar yang masih terabaikan,” ujar Orang Nomor Satu di Sikka ini, saat ditemui di kediamannya, Jumat (11/10/2019).

Dia mengatakan, sejumlah hak-hak dasar masyarakat sebagian besarnya belum optimal disentuh pemerintah, seperti di bidang pendidikan dan kesehatan. 

“Infrastruktur dasarnya sudah dibangun pemerintah selama ini, tinggal bagaimana pemerintah saat ini mendorong hal-hal yang belum ditangani selama ini. Salah satunya adalah pemberian beasiswa bagi mahasiswa di Sikka. Tahun ini sudah sebanyak 600 beasiswa yang sudah kita serahkan kepada para mahasiswa di 2 universitas di Maumere yakni UNIPA sebanyak 400 beasiswa dan Muhammadiah sebanyak 200 beasiswa,” jelas mantan Camat Nele ini.

Di bidang pendidikan masih banyak hal yang perlu kita sentuh, seperti perhatian yang lebih serius kepada siswa berprestasi namun akses ke sekolahnya yang sangat jauh, siswa berprestasi namun tidak didukung dengan kemampuan orangtua serta masih banyak lagi hal yang mestinya mendapat perhatian semua pihak termasuk media pers.

“Pembangunan ini terus terang tidak bisa dilaksanakan sendiri oleh pemerintah, tentunya harus mendapat juga dukungan dari masyarakat. Keterlibatan dan peran serta masyarakat sangat dibutuhkan dalam mendorong majunya sebuah daerah. Karena itu, dalam setiap pertemuan dengan masyarakat, saya selalu sampaikan bahwa mari beri sumbangsih pemikiran untuk membangun Nian Tana ini lebih baik,” akunya.

Di bidang kesehatan, lanjut Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sikka ini, indeks pembangunan manusia di bidang kesehatan masih belum menunjukan trend menggembirakan, namun pemerintah akan terus berupaya agar tahap demi tahap akan meningkat. Untuk itu, sarana dan fasilitas kesehatan, ketersediaan sumber daya kesehatan, masih terus didorong ke depannya untuk menyiapkan generasi masa depan Sikka yang lebih berkualitas, termasuk meningkatkan kualitas hidup sehat bagi masyarakat di wilayah ini.

“Terus terang masih banyak hal yang mesti didorong oleh pemerintah di bidang pendidikan dan kesehatan, namun pemerintah juga perlu memikirkan dengan ketersediaan anggaran yang kita miliki. Perhatian secara bertahap dan sistimatis, saya yakin ke depannya Sikka akan semakin maju dengan berbagai potensi yang kita miliki saat ini,” harapnya.(MAR-R1)

Bagikan

Komentar

Berita Lainnya