oleh

Bupati Sikka Disambut Meriah di Festival Pemana

-SOSBUD-686 views

MAUMERE, MN- Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo dan rombongan, disambut meriah oleh ribuan warga Penama, Rabu (16/10/2019) pada acara Festival Pemana 2019. Rombongan Bupati juga dihadiri oleh puluhan wartawan media cetak, eletronik dan media online di wilayah Kabupaten Sikka.

Pantauan Maumere News, kedatangan Bupati dan rombongan langsung disambut dengan upacara adat dan diiringi tarian di salah satu pulau kecil di depan Desa Pemana yakni Pulau Kambing. 

Di tempat ini, Bupati dan rombongan ikut menyaksikan sejumlah acara festival diantaranya pawai kapal hias, lomba kuliner serba seafood, diving, snorkelling dan sejumlah perlombaan yang diselenggarakan oleh panitia yang bernuansakan adat Buton sebagai asal usul masyarakat Pemana.

Pada Rabu (16/10/2019) merupakan puncak acara Festival Laut Pemana, yang sudah dilaksanakan sejak 10-12 Oktober lalu. 

Pada puncak acara ini, seluruh warga Pemana diharuskan menuju Pulau Kambing menggunakan perahu dan menggelar pesta adat sebagai bentuk penghormatan terhadap Sang Pencipta atas segala berkah dan hidayahNYA setelah warga Pemana mendapatkan hasil tangkapan mereka.

Di Pulau ini, Bupati Sikka akan melepaskan satu rumpon yang akan dipergunakan masyarakat nelayan sekitar untuk mencari ikan.

Hingga berita ini diturunkan, proses acara Festival Laut Pemana masih sedang berlangsung.(MAR-R1)

 

Bagikan

Komentar

Berita Lainnya