oleh

BPS Flotim Temukan Banyak Data Kependudukan Warga yang Tidak Sesuai

-METRO-18 views

LARANTUKA, MN- Pihak Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Flores Timur dalam kegiatan Sensus Penduduk Tahun 2020 menemukan masih banyak penduduk di kabupaten tersebut yang belum meng-update dokumen kependudukannya. Bahkan banyak juga yang belum memiliki dokumen kependudukan.

Dikonfirmasi di ruang kerjanya, Senin (19/10/2020) Kepala BPS Kabupaten Flotim, Ir.Kornelis Lonek Ama membenarkan kenyataan tersebut.

“Dalam kegiatan SP Tahun 2020, kami tetap menggunakan data dasar dari Dukcapil (DP 1). Temuan lapangannya, banyak yang tidak sesuai dengan data dari Dukcapil tersebut,” ujarnya.

Ketidaksesuaian itu, lanjut dia, dominan terjadi pada alamat tinggal atau domisili.

“Misalnya yang tertera dalam DP 1 si A berdomisili di RT 05, namun pada kenyataannya tinggalnya di RT 06 dalam desa tersebut, sebagai akibat faktor pemekaran RT. Bahkan ada yang berdasarkan data berada di desanya, namun pada kenyataannya sedang berdomisili di desa lain, karena wilayah konflik,” jelasnya.

Selain itu, lanjut dia, Timnya juga memang menemukan banyak warga kita yang belum memiliki dokumen kependudukan.

Dia pun sangat berharap adanya kesadaran masyarakat untuk melakukan pembaharuan data kependudukannya serta mengurus dokumen kependudukannya pada dinas teknis terkait bagi yang belum memiliki dokumen kependudukannya.(GOE-R1)

Bagikan

Komentar

Berita Lainnya