oleh

Banjir di Likot, Bupati Sikka: Pemkab Siap Koordinasi Kementerian PUPR

-SOSBUD-660 views

MAUMERE, MN- Pemerintah Kabupaten Sikka akan segera melakukan koordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI terkait dengan persoalan pembangunan ruas jalan negara di Dusun Likot Desa Hoder Kecamatan Waigete Kabupaten Sikka.

Pasalnya akibat tersumbatnya saluran drainase dan jembatan di ruas jalan tersebut, menyebabkan ratusan rumah warga terendam banjir pada Rabu (1/1/2020).

Pernyataan itu disampaikan Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo, terkait dengan dampak banjir yang menghantam wilayah tersebut, Kamis (2/1/2020).

“Ini harus dijelaskan kepada warga bahwa memang jalan ini merupakan jalan negara, di mana beda statusnya dengan jalan kabupaten. Tetapi bagaimana pun itu tetap menjadi tanggungjawab pemerintah kabupaten, karena dampaknya menyentuh langsung masyarakat Kabupaten Sikka,” tegas Bupati memberikan penjelasan kepada Maumere News di kediamannya, Kamis (2/1/2020).

Orang Nomor Satu di Kabupaten Sikka ini pun menambahkan, harus bisa dibedakan mana yang menjadi kewenangan pemerintah pusat dan mana yang menjadi kewenangan pemerintah kabupaten. Tetapi soal dampaknya di lapangan, lanjut Bupati, tentunya Pemkab Sikka tidak bisa berdiam diri.

Bupati menambahkan, dirinya segera memerintahkan kepada Dinas PUPR, Dinas Lingkungab Hidup dan instansi teknis terkait untuk segera melakukan koordinasi dengan Balai Jalan dan Jembatan serta melakukan koordinasi lanjutan hingga ke Kementerian PUPR RI di Jakarta.

Dalam pernyataannya itu, Bupati Idong juga meminta agar masyarakat di kawasan itu menghentikan kegiatan penebangan hutan, yang akan berdampak kejadian seperti saat ini.(SON-R1)

Bagikan

Komentar

Berita Lainnya