oleh

Aktifitas Penimbunan Material PT. Bumi Indah dan Hilangnya Kera Ekor Panjang di Wairterang

-SOSBUD-855 views

MAUMERE, MN – Satwa berupa Kera Ekor Panjang yang dahulunya sering kita jumpau disekitaran jalan di lokasi wisata Waiterang kini mulai hilang.

Hilangnya Kera Ekor Panjang tersebut diduga akibat aktifitas penimbunan material batu dan pasir oleh PT. Bumi Indah di wilayah hutan lindung Egon Ilinmedo, di Desa Wisata Wairterang, Kecamatan Waigete, Kabupaten Sikka.

Hendrikus Sukardi, warga Desa Waiterang kepada Maumere News pada Kamis (06/06/2019) mengaku,  semenjak adanya aktifitas penimbunan material berlangsung, kera hutan ekor panjang menghilang. “Dulu, kera-kera ini bermain sampai ke jalan bahkan hingga pantai. Tapi sekarang sudah tidak kelihatan lagi,” tuturnya.

“Kera ekor panjang ini adalah salah satu daya tarik wisatawan yang berkunjung ke Desa Wairterang. Tapi sekarang sudah hilang,” tambah Sukardi, pemilik salah satu cottage di pantai Wairterang.

Selain hilangnya spesies kera ekor panjang, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Waiterang juga semakin menurun. “Bahkan ada tamu yang rencananya nginap lama jadi batal. Kalau hujan, sampah dan lumpur penuh di cottage kami akibat drainase jalan tersumbat material perusahaan ini,” tuturnya.

Sukardi mengaku bahwa dirinya sudah pernah mengadukan persoalan ini ke pihak desa setempat.”Tapi sampai sekarang belum ada tindak lanjut. Aktifitas masih jalan terus. Kami harap pihak pemerintah bisa turun tangan atasi persoalan ini. Apalagi ini kawasan hutan lindung,” ujarnya. (TIM-R2)

 

Bagikan

Komentar

Berita Lainnya