oleh

Aksi Sosial KMK Ende di Doreng, Bupati Paparkan Target Bangun Sikka

-POLITIK-499 views

MAUMERE, MN- Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo, di depan pengurus dan anggota komunitas mahasiwa katolik (KMK) Ende serta perangkat desa persiapan Pelibaler Kecamatan Doreng memaparkan target pemkab Sikka membangun Sikka ke depan.

Diskusi yang digelar KMK Ende, Jumat (27/12/2019) tersebut memilih Desa Persiapan Pelibaler sebagai pousat kegiatan, dalam rangka memberikan sumbangsih pemikiran mahasiswa dalam pengembangan desa tersebut.

Bupati Idong, sapaan akrabnya dalam kesempatan itu mengatakan, pemerintah daerah akan terus berupaya untuk membangun kawasan pertumbuhan ekonomi baru di sejumlah wilayah di daerah ini.

“Mengapa kita harus membangun pusat pertumbuhan ekonomi baru? Karena Sikka memiliki sejumlah potensi yang hingga saat ini belum dikembangkan secara optimal. Tugas Pemerintah adalah menyediakan infrastruktur dasar, sistim pasar dan melakukan pendampingan. Kita berharap, dengan daya dukung tersebut, ekonomi masyarakat bisa sedikit demi sedikit berkembang baik,” harapnya.

Olehnya, lanjut Bupati, kebijakan anggaran setiap tahunnya akan diarahkan pada pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat, baik itu bnerkaitan dengan pendidikan, kesehatan dan pengembangan ekonomi.

“Sebagai pejabat politik kita tidak boleh cengeng. Dalam proses politik 5 tahun, rencana pembangunan jangka menengah harus terukur dan berkelanjutan. Artinya, tahun pertama targetnya apa, tahun berikutnya apa dan seterusnya hingga tahn 2023 mendatang. Proses pelaksanaan tahunan ini, rencana kerja pemerintah daerah harus diarahkan agar kesejahteraan masyarakat semakin meningkat dari tahun ke tahun,” tegasnya.

Bupati juga mengatakan, dari pendekatan politis dan teknis, pemerintah daerah secara bertahap melakukan berbagai kebijakan pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat.

Kegiatan ini, lanjut Bupati, bertujuan untuk memberikan sumbangan ide serta gagasan bagi masyarakat tentang sesungguhnya peran tanggungjawab mereka membangun desa.

Bupati dalam kesempatan itu pun mengingatkan kepada para perangkat desa untuk melakukan berbagai kebijakan yang dapat mengarah kepada peningkatan ekonomi masyarakat.

Bagi KMK Ende, Bupati juga mengingatkan agar kegiatan seperti ini dapat melatih dan menggerakkan komitmen kepemimpinan mahasiswa yang tergabung dalam komunitas mahasiswa St Martinus, agar mulai melibatkan diri dalam aneka proses pembangunan desa demi terciptanya masyarakat sejahtera.

Di bawah tema, mengendus jejak kepemimpinan suportif dan partisipatif dalam membangun desa yang mandiri, kreatif, inovatif dan berbudaya menuju masyarakat sejahtera, kegiatan itu pun melahirkan berbagai kesepakatan bersama untuk mendukung program pembangunan di wilayah ini.(MAR-R1)

Bagikan

Komentar

Berita Lainnya