oleh

77 Kepsek Dilantik, Bupati Sikka: ‘Kita Harus Kenal Lingkungan’

-DIKKES-863 views

MAUMERE, MN- Sebanyak 77 kepala sekolah (kepsek) dari TK, SD dan SMP di wilayah Kabupaten Sikka, Jumat (3/7/2020) lalu, dilantik Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo, di pelataran halaman kantor Bupati Sikka, Jalan Eltari Maumere.

Hadir dalam kesempatan tersebut, wakil Bupati Sikka, Romanus Woga, Sekretaris Daerah (Sekda) Sikka, Wihelmus Sirilus, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (PPO), Mayela Da Cunha, para pimpinan OPD lainnya, pendamping rohani dan undangan lainnya.

Bupati Robi Idong, sapaan akrabnya dalam sambutannya menegaskan, kepercayaan yang diberikan oleh negara dan pemerintah saat ini, harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

“Kita semua mendapatkan tugas masing-masing, sesuai dengan amanat yang diberikan oleh negara dan pemerintah, terlebih oleh Tuhan Yang Maha Esa. Secara tidak langsung, kita semua ini adalah pemimpin di lingkungan kita masing-masing,” tegasnya.

Pendidikan, kata Orang Nomor Satu di Kabupaten Sikka ini, bertujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Tujuan negara mencerdaskan kehidupan bangsa agar ke depannya kita memiliki kualitas sumber daya manusia yang handal. Olehnya, di Kabupaten Sikka, angka partisipasi siswa harus kita tingkatkan dari tahun ke tahun, semua anak usai sekolah di Kabupaten ini harus bersekolah,” tegasnya.

Untuk itu, lanjut dia, ini butuh managemen kepala sekolah dimana bisa menjadikan lingkungan sekolahnya sebagai ladang belajar dan pendidikan etika serta moral bagi siswanya.

“Kepala sekolah harus bisa melibatkan seluruh perangkatnya, warganya dan aparat pemerintahan di bawahnya, untuk sama-sama berjuang mencerdaskan siswa-siswi di lingkungan sekolahnya masing-masing. Kepala sekolah harus bisa mengenal sekolahnya, mengenal warganya di mana sekolah tersebut berada dan sekolah harus memiliki target,” tegasnya lagi.

Di akhir sambutannya, Bupati Sikka ini pun meminta para kepala sekolah yang baru dilantik, tidak boleh menolak siswa yang belum melunaskan biaya pendidikan di sekolahnya, karena ada kebijakan lain yang mesti diambil dalam rangka mendukung peningkatan kualitas pendidikan di Kabupaten Sikka.(MAR-R1)

Bagikan

Komentar

Berita Lainnya