oleh

7 Balita di Lewonama Flotim Menderita Stunting

-DIKKES-25 views

LARANTUKA, MN– Kepala Desa Lewonama, Kecamatan Solor Barat, Kabupaten Flores Timur di acara Deklarasi Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) di desa tersebut, Jumad (28/8/2020) melaporkan jumlah penderita stunting di desanya sebanyak 7 balita.

Sementara itu jumlah balita gizi kurang ada 1, serta gizi buruk dua balita.

Bupati Flores Timur, Anton Hadjon dalam sambutannya mengingatkan Ketua PKK Kabupaten Flores Timur untuk intens  menangani kenyataan stunting di desa yang sedang di pimpin Andreas Mado Lewar itu.

Belum Punya Polindes, Upah Kader PKK 200 Ribu per Bulan

Sementara itu, sejak dimekarkan sebagai desa otonom, Desa Lewonama hingga kini belum memiliki Polindes. Pelayanan kesehatan  masyarakat masih  terjadi di Polindes Pamakayo.

Kepala Desa Lewonama, Andreas Mado Lewar ketika membawakan sambutannya di acara Deklarasi Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) di Desa Lewonama.

Walau penggunaaan fasilitas kesehatan itu dilakukan secara bersama dengan desa Pamakayo, Kades Andreas Lewar tetap melaporkan kepada Bupati terkait personil tenaga kesehatan di Polindes itu.

“Kami masih punya 1 polindes yang dibangun ketika kami masih bergabung dengan desa induk Pamakayo. Ada 3 nakes yang bertugas di polindes, satu PNS dan dua kontrak desa. Honor kontrak desa sebesar Rp 1.000.000/bulan. Sedangkan jumlah kader PKK kami ada 10 orang dengan upah yang menyedihkan hanya 200.000 per orang per bulan,” ungkap Kades Andreas Mado Lewar.(GOE-R1)

Bagikan

Komentar

Berita Lainnya