oleh

4 Pencuri Gading Adat 2 Meter di Sikka, Dihukum 9 Tahun Penjara

-HUKRIM-195 views

MAUMERE, MN- Sebanyak 4 terdakwa pencuri gading adat sepanjang 2 meter di Kabupaten Sikka, masing-masing Wilibordus Rusteni, Yohanes Vendi, Laurensius Blebu dan Yohanes Nong Frans, divonis hakim Pengadilan Negeri Maumere dengan hukuman penjara masing-masing 9 tahun.

Putusan itu tertuang dalam amar putusan yang dibacakan oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Maumere, yang diketuai oleh Johnicol R. F. Sine, S.H., dengan anggota Consilia Ina L. Palang Ama, S.H., dan Agung Satrio Wibowo, S.H., dan dibantu oleh Panitera Pengganti Anik Sunaryati, S.H.

Sidang perkara pidana yang dilakukan secara daring melalui aplikasi skype itu, terjadi pada Kamis (3/9/2020).

Hal itu disampaikan Ketua Pengadilan Negeri Maumere, Johnicol R. F. Sine, S.H. yang diterima www.maumerenews.com, Kamis (3/9/2020) lalu.

Dikatakan, kempat terdakwa, terbukti secara sah dan meyakinkan telah bersalah melakukan tindak pidana pencurian dalam keadaan memberatkan; menjatuhkan pidana kepada para terdakwa, dengan pidana penjara masing-masing selama 9 tahun.

Putusan yang diberikan oleh majelis hakim tersebut, melebihi dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri Sikka dengan ancaman kurungan 6 tahun penjara.

Pertimbangan Majelis Hakim menaikkan Putusan Para Terdakwa menjadi 9 tahun adalah para terdakwa di dalam persidangan selalu berbelit-belit dalam memberikan keterangannya.

Bahkan, dalam putusan tersebut pun Majelis Hakim Pengadilan Negeri Maumere pun memutuskan, perbuatan yang dilakukan oleh para terdakwa secara sistematis dan berencana, telah mengakibatkan kerugian dari salah satu korban sejumlah Rp.750 ribu.(MAR-R1)

 

Bagikan

Komentar

Berita Lainnya