oleh

Warnai Kemerdekaan, Karang Taruna Nuba Nanga Geliting Buktikan Keunggulan SDM Kaum Muda

-SOSBUD-432 views

MAUMERE, MN – Dalam rangka memeriahkan HUT RI ke 74, Karang Taruna Nuba Nanga Desa Geliting, Kecamatan Kewapante, Kabupaten Sikka menggelar berbagai macam kegiatan yang dimulai dari tanggal 04 Agustus hingga 31 Agustus 2019.

Pertandingan Futsal yang diselenggarakan oleh Karang Taruna Nuba Nanga, Desa Geliting. Foto : Istimewa

Dari tanggal 04 hingga 23 Agustus 2019, Karang Taruna Nuba Nanga Desa Geliting menggelar pertandingan futsal antar Rukun Tetangga (RT) se-Desa Geliting yang dibagi dalam dua kategori yakni kategori dewasa dan anak yang digelar di tanah lapang milik warga Desa Geliting.

Selain pertandingan futsal antar RT se-Desa Geliting, Karang Taruna Nuba Nanga Desa Geliting juga mengadakan berbagai macam kegiatan lainnya seperti perlombaan, baik itu untuk anak-anak, maupun dewasa. Diantaranya lomba makan kerupuk, lari karung, panjat pinang, lomba dayung, dll. Karang Taruna juga mengadakan karnaval tingkat Desa Geliting, Senam Lansia dan penyuluhan HIV/Aids kepada masyarakat yang diberikan oleh tim dari Puskesmas Kewapante.

Senam Lansia, Karang Taruna Nuba Nanga bersama Lansia Desa Geliting. Foto : Istimewa

Bukan hanya itu, Karang Taruna Nuba Nanga juga menggelar malam hiburan rakyat yang berlangsung selama 4 malam yang dimulai dari tanggal 27 – 31 Agustus 2019.

Malam hiburan rakyat tersebut diisi dengan berbagai kegiatan seperti tarian, puisi dan menyanyikan lagu-lagu yang bertemakan kebangsaan.

Hal ini bertujuan untuk melatih kaum muda untuk berani menunjukkan kemampuan serta kreatifitas mereka.

Kegiatan tersebut juga merupakan salah satu program kerja Karang Taruna Nuba Nanga.

Kepala Desa Geliting, Makarius Oskar, yang juga Pembina Karang Taruna Nuba Nanga, dalam sambutannya pada kegiatan puncak perayaan HUT RI ke 74 pada tanggal 31 Agustus kemarin di eks Pasar Geliting mengatakan, Pemerintah Desa sangat bangga bisa memiliki orang-orang muda yang memiliki semangat tinggi dan mau berbuat hal yang positif.

“Mereka benar-benar menunjukkan kemandirian mereka. Mencari dana sendiri dengan bekerja sama dengan beberapa sponsor, dan meski dengan dana yang minim, mereka berhasil menyelesaikan seluruh rangkaian kegiatannya,” ungkap Makarius.

Kepala Desa Geliting, Makarius Oskar juga menghimbau kepada masyarakat, agar memberikan dukungan kepada anak muda yang punya semangat untuk melakukan hal positif untuk membangun desanya.

Pada kesempatan itu, Kepala Desa Geliting juga mengucapkan terima kasih kepada Karang Taruna Nuba Nanga Desa Geliting yang telah menyelenggarakan kegiatan tersebut.

Ketua Panitia kegiatan, Monika Wuga Wisang juga turut menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh masyarakat Desa Geliting, juga kepada para donatur, sponsor, dan Pemerintah Desa Geliting yang telah membantu mensukseskan kegiatan tersebut.

Puncak kegiatan Karang Taruna Nuba Nanga, Desa Geliting pada Sabtu (31/08/19) di eks Pasar Geliting. Foto : Istimewa

Wakil Ketua Karang Taruna Desa Geliting, Dedy Dermawan, yang mewakili Ketua Karang Taruna dalam sambutannya pada pembukaan malam hiburan mengatakan, dirinya bangga bisa berbuat hal positif bagi kaum muda khususnya dan untuk masyarakat Desa Geliting. Dan juga mengharapkan dukungan dari masyarakat untuk setiap kegiatan yang dilakukan oleh Karang Taruna Nuba Nanga.

Pada malam puncak, selain membagikan hadiah kepada para pemenang lomba, Karang Taruna Nuba Nanga Desa Geliting juga memberikan kejutan kepada Masyarakat Desa Geliting, dengan memberikan piagam penghargaan kepada tiga warga Desa Geliting yang aktif membersihkan sampah di Desa Geliting.

Ketiga warga Desa Geliting yang menerima piagam tersebut yakni, Theresia Gleko, Theresia Resi dan Fransiskus Moa.

Demikian cara anak muda Geliting yang tergabung dalam Karang Taruna Nuba Nanga mengisi bulan kemerdekaan. Sesuai dengan tema HUT Kemerdekaan RI yang Ke74, Karang taruna Nuba Nanga mengajak teman muda, untuk bersama-sama memaknai tema kemerdekaan tahun ini, dengan lebih bersemangat membangun dari Desa untuk menciptakan SDM yang unggul, demi memajukan Indonesia, melalui tindakan-tindakan nyata. Besar harapan agar setiap Desa mengaktifkan kembali karang taruna, untuk menggali potensi anak muda, sehingga punya andil untuk membangum desanya. (Acq/Ahb-R2)

 

 

 

Bagikan

Komentar

Berita Lainnya