oleh

Warga Maumere Diminta Waspada Terhadap DPO Rikardus Bia

-HUKRIM-3.776 views

MAUMERE, MN- Polres Sikka akhirnya menggelar konferensi pers, Selasa (5/11/2019) terkait dengan kaburnya dua tahanan di Hotel Perdeo milik Polres Sikka, Minggu dini hari (3/11/2019).

Waka Polres Sikka, Kompol I Putu Surawan, S.IP yang didampingi Kasat Reskrim, AKP Heffri Dwi Irawan mengatakan, pengamanan dan pengawasan terhadap setiap tahanan dilakukan ekstra ketat selama 24 jam.

“Selama yang bersangkutan berada di tahanan, kita borgol dan melakukan pengawasan ketat. Hanya saja mungkin pada saat kabur, ada kelengahan dari aparat kita. Kita sedang dalami saat ini,” ujar Waka Polres.

Dikatakan, pelaku Rikardus Bia alias Yohanes Rino dikenal sebagai penjahat yang selalu melakukan tindakan kriminal dengan menggunakan senjata tajam. Bahkan, lanjut Waka, pelaku tidak segan-segan memperkosa dan berbuat cabul terhadap korbannya yang perempuan.

“Sudah ada 5 kasus yang pelaku dijerat hukum, tiga diantaranya adalah tindakan kejahatan seksual dan 2 lainnya pidana umum. Bahkan, 3 kasus kejahatan seksual ini lebih mengarah kepada anak-anak di bawah umur,” ujarnya.

Dia juga menjelaskan, terkait dengan upaya tindakan kepolisian yang dilakukan pihaknya, saat ini Polres Sikka sudah menetapkan yang bersangkutan sebagai daftar pencarian orang (DPO). Pihaknya pun sudah melakukan komunikasi dan koordinasi dengan semua pihak untuk memperkecil ruang gerak pelarian yang bersangkutan.

Waka pun sangat berharap adanya dukungan dari keluarga pelaku, agar segera menyerahkannya ke Polres Sikka. 

Sekedar diketahui, Rikardus Bia alias Yohanes Rino kabur dari sel tahanan Polres Sikka bersama salah satu tahanan lainnya, yakni SAN. Namun SAN akhirnya berhasil diamankan polisi dengan bantuan warga di Jalan Litbang Maumere, beberapa jam setelah melarikan diri.

Waka Polres juga sangat berharap kerjasama warga dan semua pihak untuk menginformasikan terkait dengan keberadaan pelaku, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.(MAR-R1)

Bagikan

Komentar

Berita Lainnya