oleh

Terapkan Teknologi Pertanian: Dandim Sikka Apresiasi Sistim Irigasi Tetes di Wailiti

-HUKRIM-79 views

MAUMERE, MN- Komandan Kodim 1603/Sikka, Letkol. Inf. M. Zulnalendra Utama, S.I.P., memberikan apresiasi terhadap sistim irigasi tetes yang dilakukan oleh para petani di Wailiti Kelurahan Wolomarang Kecamatan Alok Barat Kabupaten Sikka.

Pernyataan itu disampaikan Dandim, saat berkesempatan mengunjungi dan melihat secara langsung aktivitas para petani yang sedang melakukan kegiatan pemanfaatan lahan dalam mengembangkan pertanian holtikultura dan penerapan irigasi tetes dan sistem gravitasi dengan teknologi baru yakni dengan menggunakan smartphone secara online.

“Pengembangan pertanian dengan hal baru dalam menggunakan teknologi smartphone online ini sangat membantu para petani holtikultura. Hanya saja yang perlu ditekankan adalah daya juang serta kerja keras, cepat, dan tepat. Yang membuat terkagum adalah saat penyiraman dan pemupukan juga menggunakan aplikasi online dari smartphone,” tegasnya.

Dikatakan, dalam meningkatkan produktifitas pertanian apalagi disaat saat sekarang ini negara kita indonesia lagi dilanda pandemi wabah virus corona, hal yang sangat menjadi dasar adalah daya tahan pangan yang saat ini harus kita pertahankan.

“Saya apresiasi dengan ide dan langkah-langkah penerpan tanaman holtikultura dengan sistem irigasi tetes melalui smartphone hal ini perlu kita pertahankan dan bila perlu ditingkatkan dalam pemanfaatan lahan tidur yang ada di wilayah kita kabupaten sikka, hanya saja yang perlu di cari adalah solusi dalam menghadapi serangan penyakit tanaman terhadap tanaman holtikultura,” ujarnya lagi.

Pada kesempatan tersebut Dandim 1603/Sikka, Letkol. Inf. M. Zulnalendra Utama, S.I.P., berbincang dan berdialog langsung bersama para kelompok tani dalam penerapan teknologi smartphone irigasi tetes. Nampak suasana yang dangat bersahabat saat Dandim Sikka menghampiri para kelompok petani tersebut.(MAR-R1)

Bagikan

Komentar

Berita Lainnya