oleh

Arus Balik Larantuka-Kupang Membeludak

-SOSBUD-224 views

LARANTUKA, MN– Arus balik pasca Lebaran di Pelabuhan Waibalun Larantuka Flores Timur (Flotim) penuh sesak dengan penumpang yang akan bertolak menggunakan KMP Ine Rie II tujuan  Kupang, Senin (10/6/2019). Bukan hanya itu saja, puluhan kendaraan roda empat dan ratusan kendaraan roda dua pun ikut diangkut.

Pantauan wartawan, sejak pagi harinya, jumlah pemudik mencapai hingga ratusa  orang. Bahkan, sejumlah kendaraan roda dua akhirnya harus ditolak oleh anak buah kapal (ABK) karena tidak ada tempat lagi.

Menurut sejumlah penumpang, jumlah arus balik kali ini lebih banyak ketimbang Lebaran sebelumnya.

“Mungkin ini karena cuti bersama yang diberlakukan oleh pemerintah menyebabkan yang melaksanakan liburan bukan hanya kaum Muslim saja untuk berlebaran di tanah kelahirannya, tetapi juga kaum Nasrani yang ingin berlibur. Salah satunya seperti saya. Untung tadi pagi-pagi sudah datang membeli tiket lebih awal, sehingga sepeda motor saya bisa berhasil naik,” ujar Lorens, salah seorang calon penumpang kepada wartawan.

Dia juga mengaku, meski dirinya telah berhasil mendapatkan tiket, namun dirinya tidak mendapatkan tempat tidur dalam kapal.

“Yah mau bilang bagaimana lagi, semua karena kondisi liburan, asalkan bisa sampai di tempat tujuan dengan aman,” akunya.

Lain dengan Lorens, Ibu Siti, penumpang asal Adonara ini pun mengaku, dirinya sejak Minggu (9/6/2019) sudah berada di larantuka sehingga bisa dapat tempat tidur.

“Benar kalau musim liburan seperti ini saat arus balik, kami sering antisipasinya lebih awal. Karena kalau tidak maka kita tidak dapat tempat,” sebut Siti yang mengaku mudik bersama keluarganya di Adonara Flotim ini.

Baik Lorens maupun Ibu Siti, sangat berharap agar pihak ASDP bisa menambah armada maupun frekuensi rute kapal penyeberangan Larantuka-Kupang PP pada saat liburan Lebaran seperti ini.

Berdasarkan pengamatan di lapangan, sejumlah penumpang yang tidak mendapatkan tempat, terpaksa memanfaatkan lorong-lorong bahkan ruang palka yang tentunya sangat rentan terhadap bahaya kecelakaan.

Diperkirakan, ratusan penumpang dan juga kendaraan bermotor akan diberangkatkan pada pukul 13.00 WIT menuju Pelabuhan Tenau Kupang.(ANI-R1)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Lainnya