oleh

Sikka Mulai Dikepung Covid 19, dari Manggarai Barat dan Flores Timur

-OPINI-2.932 views

Oleh Asep Purnama

Setelah beberapa hari lalu, Jubir Satgas Covid-19 NTT, mengumumkan 2 kasus Covid-19 berasal dari ujung barat pulau Flores (Manggarai Barat), hari ini diumumkan lagi 1 kasus Covid-19 dari ujung Timur pulau Flores, Flores Timur.

Kasus Covid 19 dari Manggarai Barat, masuk dalam Cluster Gowa. Sedangkan yg dari Flores Timur, bisa kita sebut Cluster Lambelu, karena patut diduga tertular Covid 19 saat menumpang kapal Lambelu, mengikuti jejak puluhan ABK Kapal Lambelu yang tertular Covid 19.

Apakah ada Cluster Gowa di Sikka?

Ternyata ada, dan sudah dilakukan tracing. Dan untuk sementara -berdasarkan data dari media, mengutip jubir satgas covid 19 Sikka- terdapat 21 orang dari Cluster Gowa yg Rapid testnya Reactive (Orang Rapid test Reactive: ORR) 

Apakah ada Cluster Lambelu di Sikka?

Ternyata ada juga dan sudah dilakukan tracing. Dan untuk sementara terdapat 46 orang dari Cluster Lambelu yg Rapid testnya Reactive (ORR)

Bagaimana kemungkinan 67 ORR di Sikka ini memang menjadi Covid 19?

Kemungkinan tentu sangat bisa terjadi. Dan untuk memastikannya, kita menunggu hasil swab tenggorok yg sedang dilakukan hari ini, dikirim sampel swabnya hari Jumat (8 Mei 2020) ke Kupang untuk selanjutnya dilakukan pemeriksaan Polymerase Chain Reaction (PCR)  di RSUD WZ Yohanes, Kupang.

Apa yg kita harus lakukan?

Kunci utama penanggulangan semua “penyakit menular” -termasuk Covid 19-, adalah menghentikan penularan. Pada kasus Covid 19 -yang menular secara droplet dan kontak- dengan menghentikan penularan maka virus corona (SARS Cov2) akan berhenti di tubuh manusia yg sedang tertular. Selanjutnya ada 3 skenario perjalanan virus corona di dalam tubuh manusia yg sedang tertular.

  1. Pada kasus Covid 19 yg tidak bergejala atau bergejala ringan, virus corona akan mati oleh daya tahan tubuh manusia. Pasien sembuh. Berbagai data menunjukkan bahwa skenario ini terjadi pada 80% kasus.
  1. Pada kasus Covid yg sedang/berat -sekitar 15% kasus-, Virus corona “cukup kuat”, dan mampu membuat “keributan” dalam tubuh manusia. Pasien memerlukan perawatan di rumah sakit. Dengan berbagai upaya yg ada saat ini, tubuh pasien berhasil melakukan perlawanan dan menang. Virus Corona mati, pasien sembuh.
  1. Pada 5% kasus Covid 19 yang kritis/fatal, Virus corona “menang” dalam pertempuran melawan manusia. Meski sudah diupayakan oleh tim medis di rumah sakit, pasien tidak tertolong. Pasien meninggal, dan Virus corona juga ikut mati.

Menang atau kalah dalam pertempuran dengan manusia, Virus corona akan tetap mati.

Jadi, asal kita tidak memberi kesempatan virus corona menyebar (menular) ke hunian (manusia) yang  baru, maka virus akan mati dan tidak berkembang biak lagi. Virus corona tidak bisa hidup tanpa bantuan manusia. Dia perlu tempat tinggal, yaitu tubuh manusia.

Sekali lagi, menang atau kalah dalam pertempuran dengan manusia, Virus Corona tetap akan mati. Asal kita berhasil mencegah penularan dan berupaya menghentikan sang virus corona dalam tubuh satu manusia saja -tidak menyebar ke manusia lainnya-, maka Virus corona akan tamat riwayatnya.

Tapi, kalau virus diberi kesempatan menular ke manusia lain, maka dia akan berkembang biak terus. Seperti pelari estafet, berantai dari satu korban manusia ke korban manusia lainnya

Dengan adanya 67 ORR dari Cluster Gowa dan Cluster Lambelu di Sikka, apa yg harus kita lakukan?

Ayo kita hentikan PENULARAN Covid 19 dengan sekuat tenaga. Caranya sudah jelas yaitu jaga jarak, pakai masker, cuci tangan. Dan untuk mewujudkannya, perlu kepedulian kita untuk ikut mengingatkan dan membantu saudara2 di sekitar kita yg belum mau melakukan upaya pencegahan. Karena upaya PENCEGAHAN tidak bisa dilakukan perorangan. Harus dilakukan secara menyeluruh dan serentak.

Untuk sementara itulah jalan satu2 nya yg bisa kita lakukan. Karena, Vaksin dan Obat definitive belum akan ada dalam waktu dekat ini.

Tetap semangat. Bersama kita bisa!

 

Penulis adalah Dokter Spesialis pada RS TC Hillers Maumere

Bagikan

Komentar

Berita Lainnya