oleh

Seperti Apa Pemanfaatan Dana Pemulihan Ekonomi Bidang Pertanian di Flotim?

-EKBIS-93 views

LARANTUKA, MN- Selain termanfaatkan pada bidang Perkebunan,Pemerintah Kabupaten Flores Timur pun membagikan anggaran sebesar Rp. 945.682.000 dari total 2 milyar dana Pemulihan Ekonomi dari total 14 milyar anggaran Penangangan Covid-19, untuk dua kegiatan besar  di bidang Pertanian dalam pola Padat Karya Tunai.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Flores Timur, Petrus Petara Aran  yang dikonfirmasi di ruang kerjanya, Selasa (1/9) menjelaskan, anggaran tersebut termanfaatkan untuk kegiatan Perluasan Areal Pertanian Lahan Kering seluas 30 hektar, dan Pengembangan Benih Jagung Komposit seluas 25 hektar.

“Untuk Kegiatan Perluasan Areal Lahan Kering mencakup kegiatan pembabatan dengan jumlah 1.148  hok dan Pembuatan Teras Sering sebanyak 893 hok. Tersebar di sejumlah desa di beberapa kecamatan, antara lain, di desa Lamatutu 5 hektar, Desa Waibao 5 hektar, Desa Lewohala 5 hektar, Desa Watotika 5 hektar, dan Desa Leraboleng 10 hektar,” jelasnya.

Sedangkan Kegiatan Pengembangan Benih Jagung Komposit, lanjut dia, mencakup kegiatan pembenihan itu sendiri (25 hektar), dan juga pengadaan sarana produksi dan sarana pengolahan hasil, diantaranya pengadaan mesin pemipil, mesin giling, dan pompa air.

“Kegiatan Pembenihan ini, dimaksudkan untuk menyiapkan benih Jagung Komposit yang akan dimanfaatkan para petani di musim tanam nantinya (Oktober-Maret). Dan kegiatan Perluasan lahan kering telah selesai, sedangkan aktivitas pembenihannya pun kini sedang berjalan, dengan kondisi jagung berdasarkan pemantaun belum lama ini telah tumbuh dengan ketinggian  rata-rata 30 cm,” ujarnya.

Sementara itu, terkait sebaran lokasi Pembenihan tersebut, Kadis Pengganti Ir.Antonius Wukak Sogen itu merincikan, di Kecamatan Titehena tersebar pada desa Konga, dengan luasan 4 hektar dan di desa Lewolaga,2 hektar.

Di Kecamatan Tanjung Bunga, aktivitas pembenihan itu berada pada Desa Sinarhadigala, 1,5 hektar dan desa Bandona, 5,5 hektar. Sedangkan di Kecamatan Adonara Timur, berada di desa Kiwang Ona,2 hektar, desa Bloto 1 hektar, dan desa Saosina,1 hektar. Juga di desa Oesayang,Kecamatan Adonara Tengah, dengan luasan 1,5 hektar.

Sedangkan di Kecamatan Klubagolit, terdapat di desa Pepageka,seluas 4,5 hektar dan di Kecamatan Adonara berada pada desa Kolilalang dengan luasan lahan 2 hektar.

“Juga termasuk sarana prasarana seperti mesin giling,mesin pemipil dan pompa air,kita serahkan kepada beberapa kelompok tani pada beberapa desa di beberapa kecamatan. Ada 6 mesin giling, 6 mesin pemipil, dan 6 pompa air,” ujar Kadis Petara Aran.(GOE-R1)

Bagikan

Komentar

Berita Lainnya