oleh

Lengkapi Bukti Gugatan MK, KPUD Sikka Buka Kotak Suara Pilpres

-POLITIK-428 views

MAUMERE, MN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sikka kembali membuka kotak suara Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 pada, Kamis (06/06/2019).

Pembukaan kotak suara pilpres tersebut dilakukan berdasarkan rekomendasi KPU RI melalui surat yang diterima KPUD Sikka Nomor 877/PY.01.1/3D/03/KPU/V/2019 tertanggal 26 Mei 2019.

Dalam surat tersebut, KPU RI meminta KPUD Sikka untuk menyiapkan kronologi dan daftar alat bukti berupa Daftar Hadir (DA.DH-KPU), Tanda Terima Berita Acara dan Sertifikat Hasil Model DA.TT-KPU, Model DA-KPU, DAA1 PPWP, DA1 PPWP, Model D.C6-KPU dan Model DA2-KPU.

Juru bicara KPUD Sikka, Herimanto kepada awak media disela-sela proses pembukaan kotak suara tersebut mengatakan, pihaknya hanya diminta untuk melengkapi alat-alat bukti.

“Kami hanya diminta siapkan alat bukti karna alat bukti yang ada masih kurang jadi kita ambil lagi dikotak suara. Yang diminta itu sebenarnya banyak tapi sebagian besar sudah ada diluar kotak suara jadi kita buka kembali kotak suara untuk mengambil bukti yang belum ada,”tutur Herimanto.

Herimanto menambahkan, ketentuan untuk membuka kotak suara tersebut diatur dalam PKPU Nomor 4 Pasal 95 Tahun 2019 tentang Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara dan Penetapan Hasil Pemilihan Umum.

Pada kesempatan tersebut, hadir pula perwakilan dari paslon 01 dan 02, anggota partai politik peserta pemilu 2019, Kepolisian Resor Sikka, Bawaslu Sikka dan juga awak media.

Semua dokumen yang telah diambil dari kotak suara tersebut kemudian akan dibawa ke Kupang guna urusan selanjutnya. (ACQ-R2)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Lainnya