oleh

Pilkades Serentak di Sikka, Bupati Idong: Jangan Halalkan Segala Cara

-POLITIK-403 views

MAUMERE, MN- Ratusan aparat desa dari 32 desa di 102 dusun dan 14 kecamatan, Selasa (15/10/2019) mengikuti rapat koordinasi Pilkades serentak gelombang III yang berlangsung di aula Kantor Bupati Sikka. 

Kegiatan itu dibuka secara resmi oleh Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo, dihadiri Dandim 1603 Sikka, Dandim  1603   Sikka, Letkol  (Inf) Sugeng Prihatin, serta sejumlah pimpinan OPD, para camat dan Kapolsek di wilayah 14 kecamatan.

Bupati Idong dalam pernyataannya menggarisbawahi 3 hal pokok yakni pertama pelaksanaan Pilkades harus mengacu pada aturan perundang-undangan yang ada.

“Jangan anda halalkan segala cara lalu menabrak undang-undang. Saya minta kepada semua pemangku kepentingan untuk bisa melakukan total quality control terhadap persoalan ini,” tegasnya.

Kedua, mantan Camat Nele ini pun menegaskan agar panitia pemilihan kepala desa harus diseleksi secara baik dan tetap bersikap netral.

“Karena jika tidak netral, maka hal itu akan menghadirkan persoalan baru yang dapat mengganggu keamanan dan kenyamanan di desa. Untuk itu, proses pemilihan harus tetap berjalan aman dan lancar hingga penentuannya nanti,” ujar Orang Nomor Satu di Sikka ini.

Ketiga, lanjut Bupati yang sangat dekat dengan wartawan ini mengatakan, kepala desa yang terpilih adalah kepala desa yang memiliki visi, misi dan program yang jelas.

“Ada konsep yang mesti ditawarkan untuk masyarakat. Jika konsepnya yakni visi, misinya serta programnya sudah jelas, lalu bagaimanakah komitmennya membangun desa. Jadi ada konsep, komitmen dan juga loyalitasnya untuk membangun desa,” tegasnya.

Di akhir sambutannya, Bupati Idong juga meminta kepada Dinas PKO untuk tidak mengeluarkan lagi ijasah yang tidak melalui prosedur yang benar.

“Ijasah juga penting dalam menentukan kualitas tidaknya calon kepala desa. Untuk itu, Dinas PKO juga harus maksimal memeriksa kelengkapan syarat administrasinya. Jangan sampai ijasah yang dipergunakan adalah ijasah palsu,” pungkas Bupati lagi.(MAR-R1)

Bagikan

Komentar

Berita Lainnya