oleh

Perusahaan Ikan di Larantuka, Disebut Bayar Murah ke Nelayan

-EKBIS-1.143 views

LARANTUKA, MN- Sebanyak 2 perusahaan ikan di Larantuka Flores Timur (Flotim) disebut membeli ikan hasil produksi tangkapan nelayan dengan harga yang sangat murah. Harga per kg hanya dibandrol sebesar Rp.12.000.

Hal itu disampaikan salah satu nelayan, Andris Niron kepada wartawan saat bincang-bincang di Tempat Pendaratan Ikan (TPI) Larantuka, Sabtu (1/6/2019).

Menurut dia, dua perusahaan ikan tersebut sebelumnya memgambil dengan harga Rp. 14.000 per kg, namun saat ini turun menjadi Rp.12.000 per kg.

“Kalau di daerah lain sudab dengan harga di atas 20.000. Tetapi di Flotim masih dengan harga yang tidak layak. Padahalnya, ikan di Flotim lebih berkualitas jika dibandingkan dengan daerah lain,” akunya.

Dia sangat berharap kebijakan pemerintah agar berkoordinasi dengan dua perusahaan tersebut untuk menaikan harga beli ikan yang layak, terutama ikan jenis tuna.

“Kami mancing di perairan Laut Sawu dengan biaya operasional yang sangat tinggi. Jika dibandingkan dengan harga beli saat ini, maka kami lebih banyak menjualnya ke pengecer dan pedagang ikan untuk dibawa ke Maumere hingga Labuan Bajo,” tegasnya.

Sekedar diketahui, hasil produksi ikan di Flotim cukup tinggi dua tahun belakangan ini. Namun karena terbentur dengan persoalan harga, menyebabkan sejumlah nelayan enggan melaut.(ANI-R1)

Bagikan

Komentar

Berita Lainnya