oleh

Pemkab Sikka Telah Siapkan Rp. 24,5 M untuk Back Up BLT dan BST

MAUMERE, MN- Pemerintah Kabupaten Sikka, telah menyediakan alokasi anggaran dari refokusing dan realokasi perubahaan anggaran tahun 2020 untuk memback up penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) dan bantuan sosial tunai (BST) yang digulirkan oleh pemerintah pusat selama masa pandemi covid 19 di wilayah Kabupaten Sikka.

“Pemerintah Kabupaten Sikka telah mengalokasi anggaran sebesar 24,5 miliar untuk memback up penyaluran BLT dan BST di tengah pandemi covid 19 ini. Alokasi anggaran sebesar itu merupakan kewajiban pemerintah daerah, jika masih terdapat warga yang belum tercover sebagai penerima manfaat dari BLT dan BST yang digulirkan melalui Kementerian Sosial dan Kementerian Desa,” tegas Bupati Sikka, saat membagikan Kartu Sikka Sehat (KSS) di Desa Watu Liwung Kecamatan Kangae, Sabtu (13/6/2020).

Dikatakan, di tengah pandemi covid 19 ini, warga Kabupaten Sikka, sebagian besarnya terimbas dari adanya wabah ini. Untuk itu, ada kewajiban pemerintah daerah untuk menyediakan alokasi anggaran tersebut.

Di depan warga, Orang Nomor Satu di Kabupaten Sikka ini pun menekankan pentingnya validasi data KK penerima manfaat secara akurat.

“Saya sudah tegaskan berulang-ulang kali, agar persoalan penyaluran bantuan ini jangan sampai tumpang tindih dan salah sasaran. Karena jika itu dilakukan, maka akan menimbulkan konflik di tengah masyarakat. Jadi, dengan validasi data yang baik, akan memberikan manfaat agar bantuan itu tepat sasaran,” tegasnya.

Dikatakan, pengalokasian anggaran untuk memback up dana BLT dan BST ini, disesuaikan dengan kebutuhan atas data yang disampaikan oleh Kepala Desa dan juga Camat.

“Kita harus bisa memberikan bantuan kepada mereka yang sangat merasakan dampak ini. Teknisnya tentu akan diatur oleh instansi teknis terkait. Tetapi pada intinya, saya sangat berharap agar bantuan-bantuan ini, baik melalui Kementerian Sosial dan Kementerian Desa maupun dari Pemerintah Daerah ini, harus benar-benar diperuntukan bagi mereka yang terimbas langsung atas wabah pandemi covid 19 saat ini,” pungkasnya.(SON-R1)

Bagikan

Komentar

Berita Lainnya