oleh

Operasi Zebra Turangga di Sikka, Lantas Gelar Sidang Ditempat

-HUKRIM-271 views

MAUMERE, MN- Satuan Lantas Polres Sikka sejak dua pekan terakhir, terus melakukan kegiatan operasi zebra Turangga 2019 di wilayah hukum Polres Sikka. Dari razia tersebut, sedikitnya ratusan kendaraan roda dua dan puluhan kendaraan roda empat berhasil ditahan aparat.

Menarik dari razia yang digelar Satlantas Polres Sikka ini, yakni sidang pelanggaran langsung dilaksanakan ditempat. 

Kapolres Sikka melalui Kasat Lantasnya, AKP Rulyanto Pahroen, dalam keterangannya kepada Maumere News, Selasa (5/11/2019) mengaku, pihaknya telah melakukan kerjasama dengan Kejaksaan dan Pengadilan Negeri Maumere.

“Ini dimaksudkan agar mempermudah warga khususnya pengendara mengetahui langsung pelanggaran yang dilakukannya. Ini juga sebagai bentuk penyadaran, agar masyarakat mulai tertib berlalu lintas. Jadi kita tidak hanya sekedar bicara saja dan mengeluarkan surat tilang, tetapi lebih dari itu, mereka bisa melihat dan menyadari sendiri,” tegas Kasat Lantas.

Usai sidang, masing-masing pengendara dan pemilik kendaraan, bisa langsung membayarnya ke bank yang ditentukan. 

“Jadi dengan demikian semakin transparan. Kita lakukan ini juga memberikan penyadaran dan pemahaman kepada masyarakat, bahwa pelanggaran dalam UU Lalu Lintas itu ada sanksi hukumnya. Sekaligus kita mengingatkan bahwa razia ini lebih menekankan bagaimana memberikan keselamatan berkendaran di jalan raya. Karena keselamatan berkendara itu, bukan berada di tangan Polisi, tetapi berada di tangan si pengendara,” tegasnya lagi.

Hingga berita ini diturunkan, proses persidangan masih terus berlangsung di Polres Sikka.(NOS-R1)

 

Bagikan

Komentar

Berita Lainnya