oleh

Minimalisir Penyelewengan Dana Desa, Pemkab Sikka akan Bentuk Auditor Internal

-METRO-356 views

MAUMERE, MN- Untuk meminimalisir terjadinya penyelewengan dana desa, Pemkab Sikka berencana akan membentuk tim auditor internal yang bertugas melakukan audit terhadap penggunaan dana desa, agar tepat sasaran sesuai dengan petunjuk teknis penggunaan dana desa dimaksud.

Hal itu disampaikan Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo, saat menyampaikan sambutannya pada kegiatan rapat koordinasi pemilihan kepala desa serentak gelombang III Kabupaten Sikka, yang berlangsung di Aula Kantor Bupati Sikka, Selasa (15/10/2019).

“Tim ini akan terdiri dari orang-orang independen dan kredibel dalam melakukan audit. Karena kita juga tidak bisa pungkiri jika selama ini masih banyak kepala desa kita yang terjerat kasus hukum,” tegasnya.

Dengan adanya tim audit tersebut, diharapkan ke depannya dapat menekan angka kasus penyalahgunaan dana desa di Kabupaten Sikka.

“Kita juga kadang-kadang malu di setiap pertemuan Nasional, Sikka masih menempati poin krusial penyalahgunaan dana desa ini. Tugas pemerintah harus melakukan berbagai kebijakan untuk itu, agar penyalahgunaan ini secara bertahap dapat dihilangkan,” ujarnya lagi.

Jika penggunaan dana desa itu sesuai dengan peruntukannya dan tidak ada penyelewengan, maka masyarakat desa pun pasti akan puas dan terus berpacu membangun desanya.

“Tahun depan saya dengar bahwa ada kenaikan dana desa, bisa jadi satu desa bisa kelola sampai dengan 3 miliar, dari sebelumnya yang rata-rata sampai 1 miliar. Ini sebuah bentuk perhatian pemerintah pusat melalui Presiden Jokowi kepada desa. Untuk itu, jangan sia-siakan kesempatan ini, bangun terus desa sehingga desa semakin maju dan berkembang baik. Jika desa berkembang baik, maka kecamatan pun semakin maju dan kabupaten ini pun semakin berkembang terus,” tutupnya.(MAR-R1)

Bagikan

Komentar

Berita Lainnya