oleh

Kembali Kunjungi Jata Kapa, Kemenaker RI Berencana Latih 15 Tenaga Profesional

-EKBIS-347 views

MAUMERE, MN- Kementerian Tenaga Kerja RI melalui staf ahli Kementerian, Maria Magdalena Singgalingging mengapresiasi pendidikan dan pelatihan yang dilakukan oleh Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Sikka dalam rangka penyiapan sumber daya manusia siap pakai di daerah ini.

Hal itu disampaikan Maria, saat mengunjungi sentra Tenun Ikat Jata Kapa, di Kelurahan Wailiti Kecamatan Alok Barat, Kamis (23/1/2020).

Dalam kunjungan tersebut, staf ahli Kemenaker RI ini didampingi Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo, Kepala Dinas Tenaga Kerja Sikka, Hermanus Goleng dan sejumlah pejabat penting lainnya di lingkup Pemkab Sikka.

Maria dalam pernyataannya mengatakan, pihaknya akan memberikan pelatihan kepada 15 tenaga profesional siap pakai untuk desain berbahan lokal tenun ikat Sikka.

“Saat ini dengan potensi tenun ikat ini, diharapkan anak muda bisa berkreasi. Ini kesempatan emas, sayang kalau tenun ikat ini tidak diwariskan. Untuk itu, kita harus mendesain produk sendiri menjadi lebih modern,” ujarnya.

Dia menambahkan, meski modern, tetapi keasliannya jangan sampai hilang begtlitu saja, karena asli itu memiliki nilai jual yang sangat tinggi.

Untuk itu, kegiatan pelatihan bagi 15 tenaga desain ini, pelaksanaannya akan dikoordinasikan kembali dengan Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Sikka.

Sementara itu, Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo, menyampaikan apresiasi pula kepada Kementerian Tenaga Kerja RI yang telah banyak membantu pemerintah daerah dalam pengembangan sumber daya manusia di daerah ini.

Dirinya mengingatkan kepada seluruh warga Sikka, khususnya para penenun untuk tidak boleh berhenti berkreasi dan memproduksi tenun ikat Kabupaten Sikka.

Menurutnya, pemerintah memiliki tugas memfasilitasi dan juga akan membantu promosi tenun ikat Sikka menjadi lebih terkenal lagi di Indonesia maupun di manca negara.(REN-R1)

Bagikan

Komentar

Berita Lainnya