oleh

Ini Klarifikasi Pencipta Lagu Kasi Ami Lau Ata Nian

-SOSBUD-3.945 views

MAUMERE, MN- Pencipta lagu Kasi Ami Lau Ata Nian, Iksandro atau sering disapa Sandro, dalam keterangannya saat dikonfirmasi melalui telepon selulernya, Senin (7/0/2020) memberikan klarifikasi terkait dengan pemberitaan media ini sebelumnya, soal dengan hak cipta terhadap karya ciptaannya yang dipopulerkan oleh Gusti Senda bersama Miracle Studio tersebut.

“Terus terang, memang lagu tersebut hanya dipopulerkan lagi oleh Gusti Senda, namun penciptanya saya sendiri. Lagu itu, memang sebelumnya, saya buat untuk mengingatkan Nian Tana Sikka, saat kami berada di daerah perantauan. Pertama kali, kami rilis melalui sebuah group kami. Memang lagu itu, saya dan sepupu saya membawakannya di perkebunan sawit, tempat kami bekerja,” ujarnya.

Dia menambahkan, setelah diposting ke grup, ternyata lagu itu menjadi perhatian Miracle Studio.

“Jadi mereka pun meminta saya agar dipopulerkan kembali oleh kru mereka. Mungkin karena lagunya bagus tetapi karena belum diaransemen secara baik, akhirnya saya pun mengiyakan saja. Artinya, ini juga untuk menghibur kami yang ada di perantauan, sekaligus menghibur masyarakat Kabupaten Sikka,” katanya.

Dikatakan, memang sempat pihak Miracle Studio menawarkan untuk membeli lagu tersebut.

“Saya bilang, saya tidak bisa menjual hak cipta saya. Saya pun bilang, jika mau ingin populerkan, silakan, tetapi untuk saya jual, saya tidak berkeinginan seperti itu. Dan selanjutnya, meski saat ini sudah tenar dan sedang popular di blantika music daerah NTT, namun kontrak dengan saya sampai saat ini belum ada sama sekali. Lalu, tiba-tiba muncul pemberitaan seperti ini, sebagai pencipta, saya merasa hak saya dicaplok oleh orang lain. Tetapi tidak mengapa, lewat media ini saya ingin mengklarifikasi, agar semua warga Nian Tana untuk menghentikan perdebatan ini,” tegasnya.

Dalam keterangannya, dia juga mengaku, saat ini, dirinya sudah mempersiapkan beberapa album untuk dipopulerkan oleh penyanyi yang bisa mengharumkan nama Nian Tana.

“Mungkin ini sebagai tanda rasa syukur kepada Nian Tana yang telah membesarkan kita, apalagi di perantuan seperti saat ini. Lewat karya-karya saya ini, sebagai buah persembahan bagi Nian Tana,” tambahnya.

Dia mengaku, sudah sebanyak 10 lagu yang sudah diciptakannya, namun baru dua yang berhasil dipopulerkan, yakni Kasi Ami Lau Ata Nian yang dipopulerkan oleh Gusti Senda dan Lero Wali Sadang Wolon rilis oleh Saudara Sentus.

“Ada juga lagu an sudah direkam, tapi belum keluar yang di nyanyikan oleh group musik kami yakni Leisplang dengan judul Ita Ata Lamen Bai’murin,” pungkasnya.(MAR-R1)

Bagikan

Komentar

Berita Lainnya