oleh

Disdukcapil Sikka Sudah Sambangi Ratusan Sekolah

-METRO-302 views

MAUMERE, MN+ Upaya Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sikka untuk memaksimalkan program kepemilikan kartu identitas anak (KIA) tidak hanya dilakukan di kantor desa dan kelurahan di Kabupaten Sikka saja, tetapi setidaknya sudah hampir ratusan sekolah mulai dari PAUD, TK, SD hingga ke SMP dan SLTA di wilayah ini.

“Kenapa kita harus turun langsung ke sekolah-sekolah, karena saya ingin agar pencapaian program ini memenuhi target yang sudah ditetapkan oleh Kemendagri untuk Kabupaten Sikka,” ujar Kepala Disdukcapil Sikka, Dra. Martha H. Pega, saat menyambangi dua PAUD di Kota Maumere yakni 
PAUD St. Benediktus Misir dan PAUD Magelunung, Kamis (17/10/2019).

Dia mengatakan, target pihaknya yakni seluruh anak dari umur 0-5 tahun dan umur 6-17 tahun kurang satu hari, harus memiliki KIA.

Dikatakan, untuk anak usia sekolah yakni dari PAUD sampai dengan SLTA, pihaknya bisa langsung mendatangi sekolah-sekolah, namun bagi anak yang belum bersekolah, pihaknya berkoordinasi langsung dengan RT hingga kepala desa atau lurah.

“Kita juga telah melakukan koordinasi langsung dengan rumah Sakit serta Puskesmas agar anak yang baru lahir pun kita langsung mengurusnya. Bagi yang belum bersekolah, paling tidak kita mendatangi orangtuanya agar melakukan proses pengurusan KIA ini,” ujarnya lagi.

Dia lebih lanjut mengatakan, pengurusan KIA ini tidak susah, yakni orangtua anak cukup menyediakan kelengkapan persyaratan seperti, untuk anak balita cukup menyediakan akta kelahiran asli dan fotocopynya, kartu keluarga (KK) asli orangtua/wali dan KTP-el asli kedua orangtua/wali.

Kalau anak usia di atas lima tahun hingga usia 17 tahun kurang satu hari maka harus melengkapi persayaratan sama halnya dengan yang berumur balita harus ditambah dengan pas foto ukuran 2×3 sebanyak 2 lembar.

“Seperti yang saya jelaskan tadi, bahwa untuk anak yang baru lahir, kita sudah langsung berkoordinasi dengan rumah Sakit serta Puskesmas untuk pengurusan akta kelahirannya serta KIA sekaligus,” imbuhnya lagi.

Meski pekerjaan ini membutuhkan pengorbanan waktu dan tenaga yang tidak sedikit, tetapi pihaknya sangat merasa optimis target itu akan bisa tercapai sebelum launching kepemilikan KIA yang sebentar lagi dilaksanakan di SCC Maumere oleh Bupati Sikka.(SON-R1)

Bagikan

Komentar

Berita Lainnya