oleh

SMA Negeri 1 Talibura Terapkan Computer Based Test (CBT)

-DIKKES-335 views

MAUMERE, MN – Mengawali tahun pelajaran 2019/2020, SMA Negeri 1 Talibura, melalui Bidang Kurikulum, mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Computer Based Test kepada seluruh staf guru di sekolah tersebut selama 3 hari yang dimulai sejak Kamis (08/08/19) hingga Sabtu (10/08/19) di Laboratorium Komputer SMA Negeri 1 Talibura, Desa Nangahale, Kecamatan Talibura, Kabupaten Sikka.

Kegiatan yang bertemakan “Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Menerapkan Computer Based Test di SMA Negeri 1 Talibura” tersebut dibuka oleh Muriati, perwakilan Korwas Dikmen Kabupaten Sikka, dan dihadiri oleh Ketua FOPPSI (Forum Operator Pendataan Pendidikan Seluruh Indonesia) Kabupaten Sikka, Soni Fresco Emilianus, Kepala SMA Negeri 1 Talibura, Yoseph Blasius Japa, S.Pd, Wakasek Bidang Kurikulum SMA Negeri 1 Talibura, Sunarwin, ST dan seluruh staf guru SMA Negeri 1 Talibura.

Muriati dalam sambutan pembukaannya menegaskan kembali mengenai Permendikbud No 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian.

Menurut Muriati, reformasi system pendidikan Nasional sangat erat kaitannya dengan perkembangan penilaian hasil belajar peserta didik.

Para guru SMA Negeri 1 Talibura saat mengikuti Bimtek CBT di Lab. Komputer SMAN 1 Talibura. Foto : Dok

Ketua FOPPSI (Forum Operator Pendataan Pendidikan Seluruh Indonesia) Kabupaten Sikka, Soni Fresco Emilianus, selaku nara sumber dalam kegiatan tersebut berharap, dengan penerapan Compter Based Test disekolah tersebut, dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dan memudahkan para guru dalam memberikan penilaian.

Selain itu, para peserta pelatihan mendapatkan panduan teknis melalui live streaming yang diadakan oleh pengembang system CBT. Hal tersebut memudahkan para guru yang akan menjadi user agar dengan mudah menerapkan system tersebut dalam proses pembelajaran nyata di sekolah.

Wakil Kepala Bidang Kurikulum SMA Negeri 1 Talibura, Sunarwin, ST kepada Maumere News disela-sela kegiatan tersebut mengatakan, tujuan kegiatan bimtek CBT tersebut adalah untuk memberikan pengetahuan dan pengalaman kepada guru dalam memanfaatkan teknologi informasi serta memberikan metode dan teknik yang benar dalam menerapkan CBT.

Sunarwin menambahkan, berdasarkan SK Sekjen Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, SMA Negeri 1 Talibura merupakan salah satu dari dua Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kabupaten Sikka yang mendapat rekomendasi sebagai pelaksana mata pelajaran Informatika pada tahun pembelajaran 2019/2020.

Kepala SMA Negeri 1 Talibura, Yoseph Blasius Japa, S.Pd, dihadapan para guru peserta bimtek tersebut memberikan dukungannya dan arahannya tentang pentingnya Computer Based Test dalam memudahkan guru dalam melakukan test penilaian sekaligus lebih siap dalam menghadapi UNBK pada  tahun tahun 2020 nanti.

“Penerapan system CBT ini dinilai lebih ekonomis karena mengurangi pembiayaan pengadaan kertas dan photo copy pada setiap tahun pembelajaran. Mungkin diawalnya kita membutuhkan biaya yang lumayan besar untuk pengadaan PC/laptop sebagai computer client , tetapi jika itu sudah terpenuhi maka selanjutnya penghematan dapat berjalan karena anggaran pengadaan kertas dan photo copy dapat secara drastis menurun,” ungkap pria yang baru beberapa bulan menjabat sebagai Kepala SMA Negeri 1 Talibura tersebut. (Acq-R2)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Lainnya