oleh

PMI Maumere Alami Kekurangan Stok Darah

-DIKKES-232 views

MAUMERE, MN – Palang Merah Indonesia cabang Maumere saat ini mengalami kekurangan darah karena harus melayani tiga rumah sakit yang berada di wilayah Kabupaten Sikka yakni RSUD Tc. Hillers Maumere, RS. St. Elisabeth Lela dan RS. St. Gabriel Kewapante.

Hal tersebut diungkapkan Ketua PMI Cabang Maumere, Grave Seda disela-sela kegiatan donor darah yang diselenggarakan oleh Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Maumere pada Selasa (23/07/19), Kelurahan Wolomarang, Kecamatan Alok Barat, Kabupaten Sikka.

Grave Seda menambahkan, selain melayani tiga rumah sakit di Kabupaten Sikka, PMI juga mengalami kekurangan karena harus melayani pasien dari kabupaten lain yang melakukan cuci darah di RSUD Tc. Hillers Maumere.

Grave Seda kepada awak media mengatakan, setiap harinya hanya mampu mengumpulkan 10 kantor darah yang bersumber dari beberapa warga masyarakat Kabupaten Sikka yang sadar akan pentingnya menjaga kesehatan dan demi membantu sesama.

“Untuk organisasi donor darah sukarela sendiri di Maumere sudah ada. Anggotanya sudah mencapai 50 an orang. Sehingga pada saat kita membutuhkan tambahan darah, kita bisa hubungi mereka,” tambah Grave.

Lebih lanjut Grave berharap, disetiap kecamatan dan desa di wilayah Kabupaten Sikka hendaknya mempunyai bank darah.

“Hal ini untuk lebih memudahkan PMI. Apabila ada keluaraga pasien yang membutuhkan darah, PMI bisa rekomendasikan dari data bank darah yang ada di setiap desa dan kecamatan, dan untuk bank darah ini baru ada di Desa Tebuk, Kecamatan Nita” ungkap Grave.

Selain bank darah, untuk menutupi kekurangan stok darah di Kabupaten Sikka, PMI Maumere bekerjasama dengan instansi pemerintah dan swasta untuk melakukan kegiatan donor darah rutin yang dilakukan secara berkala dan tanpa dipungut biaya apapun

Grave berharap, agar masyarakat tidak perlu takut memberikan setetes darah untuk sesama. (ACQ-R2)

 

Berita Lainnya