oleh

HOTS dan EDS, Guru Dituntut Untuk Lebih Kreatif dan Cerdas Mengajar

-DIKKES-588 views

MAUMERE, MN – Para guru kini dituntut agar lebih cerdas dan kreatif dalam menciptakan kondisi pembelajaran yang menantang dan menyenangkan, maka dari itu,  kemampuan para guru untuk mengelola pembelajaran sangat dibutuhkan.

Hal ini disampaikan oleh Drs. Mikael Maran, M.Pd dalam Workshop Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi HOTS( Higher Order Thinking Skills) dan EDS yang berlangsung selama 3 hari dari tanggal 6 Juni sampai 8 Juni 2019 bertempat di aula SMAN 1 Talibura.

Kegiatan tersebut diikuti oleh 84 guru mata pelajaran dari 3 Sekolah Menengah Atas yaitu SMAN 1 Talibura selaku tuan rumah, SMAN 1 Waigete dan SMAN Waiblama.

 

Peserta Workshop dari SMAN 1 Talibura, SMAN 1 Waigete dan SMAN 1 Waiblama. Foto : Dok Humas SMANTAL

Dalam arahanya, Mikael Maran selaku Korwas Propinsi untuk Kabupaten Sikka, menegaskan bahwa Kurikulum 2013 menekankan pada kecerdasan tingkat tinggi yang dibingkai oleh sikap ketuhanan dan nilai-nilai sosial yang terintegrasi dalam proses pembelajaran.

Mikael Maran juga menambahkan, para guru harus mampu menggiring para siswa  untuk belajar berpikir tingkat tinggi. Siswa dituntun untuk menjadi lebih  berpikir cerdas dan kreatif.

“Para guru dituntut untuk menciptakan kondisi pembelajaran yang menantang dan menyenangkan sehingga kemampuan para guru untuk mengelola pembelajaran sangat dibutuhkan. Penetapan metode yang  lebih variatif mengarah kepada pembelajaran kooperatif, komunikatif, kolaboratif, kreatif dan inovatif sehingga dapat membangun keterampilan berpikir yang lebih cerdas dan kritis sesuai dengan tuntutan kompetensi abad 21,” lanjut Mikael yang juga merupakan narasumber pada kegiatan tersebut.

Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari tersebut mencakup materi Konsep Pembelajaran Berorientasi HOTS, Strategi Pengembangan dan Design Pembelajaran HOTS serta Penyusunan RPP, Penilaian dan Evaluasi.

Wenslaus Mando,S.Pd, M.Pd,  Kepala SMAN 1 Waigete, dalam arahannya menghimbau agar seluruh  peserta workshop untuk terlibat aktif dalam kegiatan dimaksud dalam rangka mempersiapkan diri secara lebih baik dan matang sebagai seorang guru dalam rangka menyongsong Tahun Pembelajaran 2019/2020.

Yosef  Blasius Japa, S.Pd, Kepala SMAN 1 Talibura selaku tuan rumah, sangat mengapresiasi kerjasama antara ketiga lembaga pendidikan menengah tersebut dalam rangka upaya meningkatkan kualitas kinerja lembaga. (ACQ-R2)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Lainnya