oleh

Gempa 6,5 SR Guncang Kota Maumere

-DIKKES-3.991 views

MAUMERE, MN- Gempa berkekuatan 6,5 skala richter (SR) menguncang Kota Maumere Kabupaten Sikka, pukul 10.00 WIT, Jumat (26/4/2019). Guncangan yang begitu besar menyebabkan, sejumlah warga berlarian keluar rumah untuk menyelamatkan diri.

Bahkan, siswa SMAS Katolik St. Jhon Paul II Maumere pada saat itu pun langsung berlarian keluar menyelamatkan diri. Beberapa siswa terjebak dalam ruang kelas dan terpaksa harus bersembunyi di bawah meja.

Demikianlah hiruk pikuk simulasi penanganan korban gempa yang dilaksanakan di lapangan SMAS Katolik St. Jhon Paul II Maumere. Aksi itu bertepatan dengan peringatan Hari Kesiapsiagan Bencana Tahun 2019, yang disaksikan langsung oleh Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo.

Kegiatan yang melibatkan TAGANA Sikka, PMI Sikka dan seluruh civitas akademika SMAS Katolik St. Jhon Paul II Maumere.

Simulasi tersebut pun dimulai dengan adanya alarm tanda bahaya, hingga pada proses evakuasi para korban yang terjebak dan cedera. Para korban yang mengalami luka-luka, langsung dilarikan ke tenda-tenda darurat yang sudah disiapkan oleh tim evakuasi.

Bupati Sikka, Roby yang didampingi juga Forkopimda Kabupaten Sikka mengatakan, setiap sekolah yang ada di Kota Maumere harus mempunyai SOP (Standart Operasional) terhadap tanggap bencana.

“Instansi teknis terkait, BPBD Sikka harus terus menerus mendampingi sekolah-sekolah dan memberikan pelatihan-pelatihan tentang tanggap bencana, agar dapat dipahami oleh para siswa pada saat bencana terjadi,” harapnya. (ACQ/TAM-R1)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya