oleh

Di Sikka, Sebanyak 19.953 KK akan Terima Dana Rp. 26,3 M

-METRO-340 views

MAUMERE, MN- Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Sikka, D. S. Pasande, dalam keterangannya saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (5/11/2019) menyebutkan, sebanyak 19.953 kepala keluarga (KK) di Kabupaten Sikka akan menerima dana sebesar Rp. 26,3 miliar lebih. 

Dana tersebut merupakan program keluarga harapan (PKH) yang digelontorkan oleh pemerintah pusat di tahun 2020 mendatang. 

“Jadi program ini sebelumnya merupakan program raskin. Ke depannya, masyarakat tidak menerima lagi raskin seperti tahun-tahun sebelumnya, tetapi akan menerima uang tunai langsung, dengan perincian sebesar 110.000 rupiah per KK dalam sebulan,” ujarnya.

Dia mengatakan, pada 8 Oktober 2019 lalu, pihaknya telah melaunching keluarga penerima manfaat dari program keluarga harapan ini yakni untuk Kabupaten Sikka sebanyak 19.953. 

“Dari total itu dibagi atas dua yakni yang termasuk dalam program keluarga harapan sebanyak 16.768 KK dan non program keluarga harapan sebanyak 3.185 KK. Dari jumlah 3.185 KK ini masih terdapat sedikit permasalahan yakni terkait dengan identitas yakni NIK dan KK sebanyak 1.027 KK. Untuk sampai dengan saat ini, kita sudah memastikan sebanyak 300 KK sudah bisa masuk, sementara 700-an lebih KK masih dalam proses validasi datanya di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil,” jelasnya.

Dikatakan, data keluarga penerima manfaat ini adalah data yang diberikan oleh masing-masing RT ke desa atau kelurahan dan selanjutnya ke kecamatan dan ke Dinas Sosial. 

“Kita juga memiliki pendamping, sehingga dalam validasi data itu, kita lakukan pengecekan di lapangan, apakah benar-benar KK yang bersangkutan layak menerima bantuan ini,” tegasnya.

Dikatakan, terkait dengan kesalahan di lapangan, tentunya akan diupayakan secara bertahap, sehingga bantuan ini benar-benar diarahkan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat, terutama dalam rangka untuk menekan angka stunting di wilayah ini.(MAR-R1)

Bagikan

Komentar

Berita Lainnya