oleh

Di Sikka, Lampu Jalan Tak Berfungsi, Desa Koting B Gelap Gulita di Malam Hari

-EKBIS-212 views

MAUMERE, MN-  Akibat tidak berfungsinya lampu penerangan jalan di malam hari, menyebabkan kawasan Jalan Negara di wilayah Desa Koting B Kecamatan Koting, sejak setahun terakhir gelap gulita.

Kondisi ini menyebabkan, kawasan tersebut menjadi kawasan rawan terjadinya aksi kriminalitas.

Pantauan wartawan, Jumat (12/6/2020), terdapat beberapa lampu penerangan jalan, namun lampu-lampu tersebut tidak berfungsi dan kelihatannya rusak tak terurus.

Terkait dengan hal itu, Paulus, salah seorang warga Desa Koting B dalam keterangannya kepada wartawan, Jumat (12/6/2020) di kediamannya menyebutkan, sejak awal tahun 2019 lalu, lampu-lampu jalan itu sudah tidak berfungsi lagi.

“Kami sudah pernah usulkan ke aparat pemerintah desa, agar bagaimana baiknya sepanjang ruas jalan ini bisa dialiri dengan penerangan jika malam hari. Karena ini untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya tindakan kriminial yang tidak kita inginkan. Namun, usulan tersebut hingga saat ini belum juga terjawab,” ujarnya.

Dia mengatakan, setiap kali warga membeli pulsa listrik, sudah ada beban pajaknya untuk penerangan jalan, namun kenapa tidak bisa diperhatikan?

“Apalagi dengan pandemi covid 19 saat ini, aktivitas malam di kawasan ruas jalan ini pun terbatasi dengan sendiri oleh warga. Memang ada beberapa rumah yang berinisiatif memasang lampu jalan, namun itu tidak menyalah sampai dengan pagi. Apalagi saat ini, pulsa listrik pun susah untuk dicari. Untuk itu, kami minta melalui media ini, agar pengambil kebijakan bisa melakukan perbaikan lampu-lampu jalan ini agar bisa memberikan kemudahan bagi warga desa ini jika beraktivitas malam hari dan menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan itu,” pintanya.

Pantauan wartawan di lapangan, terdapat dua gardu yang terpasang di wilayah Kecamatan Koting untuk 3 dusun, 12 RT yakni Baolokan,Wajongaur dan Koja Gete, yang dipastikan mungkin bisa menjadi penyalur energi listrik bagi penerangan di kawasan itu.(TAM-R1)

Bagikan

Komentar

Berita Lainnya