oleh

Di Masa New Normal, SDI Hoba Tetap Upayakan Daya Serap Siswa

-DIKKES-131 views

MAUMERE, MN- Di tengah masa new normal yang saat ini sudah mulai diberlakukan di sejumlah wilayah, SD Inpres Hoba Kelurahan Nangalimang Kecamatan Alok, Kota Maumere, memberlakukan belajar kelompok di rumah siswa.

Tenaga pengajar harus berupaya mencapai rumah para siswa, untuk memberikan pembelajaran. Meski dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan, namun proses pembelajaran tatap muka tersebut dilaksanakan hanya 2 jam saja.

Kepala SD Inpres Hoba, Maria Kristina, S.Pd, dalam keterangannya, Rabu (15/7/2020) mengatakan, pembelajaran di rumah-rumah siswa ini, dilakukan saat pertemuan bersama para orangtua wali siswa saat masuk tahun pelajaran baru.

“Artinya, kita harus menyesuaikan dengan kondisi kita saat ini. Untuk itu, dibutuhkan adanya adaptasi, baik bagi guru maupun siswa. Bagi guru dituntut lebih mendalami proses pembelajaran kelompok ini. Kalau memang di daerah lain yang memiliki teknologi yang mumpuni, mungkin dilakukan dengan cara daring, tetapi karena kita di sini masih dengan segala keterbatasan, maka guru dituntut untuk mengunjungi siswa,” ujarnya.

Dalam beberapa hari ini, proses pembelajaran tatap muka, berjalan dengan baik, tanpa ada hambatan. Namun, tentunya dipikirkan ke depannya soal bagaimana daya serap siswa, sehingga perlu dilakukan evaluasi secara terus menerus.

Siswa SD Inpres Hoba sendiri, lanjut dia, ada yang bermukim di wilayah Kelurahan Nangalimang, tetapi ada juga yang tinggal di dusun-dusun kecil, yang akses jalannya harus menggunakan jalan kaki.

“Untuk itu, ini sebuah perjuangan kita. Bagaimana pun kita harus bisa mencapai rumah siswa, tempat di mana mereka belajar. Artinya, selain kita memberikan motivasi dan pembelajaran kepada mereka, tetapi juga kita sekaligus melakukan sosialisasi kepada para orangtua mereka,” pungkasnya.(SON-R1)

Bagikan

Komentar

Berita Lainnya