oleh

Di HUT RI ke 75, Bupati Sikka Sambangi Hutan Wair Puan di Nita

MAUMERE, MN- Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo dan rombongan, Senin (17/8/2020), menyambangi hutan Wair Puan Desa Lado Gahar Kecamatan Nita.

Aksi tersebut dilaksanakan Bupati yang rajin berkunjung dari satu kampung ke kampung lainnya ini, usai memperingati detik-detik proklamasi RI ke 75 di halaman kantor Bupati Sikka.

Ikut dalam rombongan tersebut, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sikka, Ny. Maria Cahyani Idong, Ketua DPRD Sikka, Donatus David, serta sejumlah pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Sikka.

Wair Puan atau yang biasa disebut sebagai pokok mata air, jaraknya hampir 4 km dari jalan raya. Untuk akses ke sana, kendaraan harus melewati bukit dan lembah dengan medan yang sangat berat.

Meski demikian, bagi Orang Nomor Satu di Sikka ini, adalah sebuah panggilan untuk memimpin daerahnya. Di sana, bukan hanya menyambangi mata air tersebut, tetapi juga mendatangi warganya di kawasan tersebut.

Di kawasan hutan ini, Bupati dan rombongan pun menggelar upacara memperingati detik-detik proklamasi RI ke 75.

Usai menggelar upacara sederhana tersebut, dilanjutkan dengan beberapa rangkaian acara, diantaranya seremonial adat yakni memberi makan pada leluhur.

Pantauan wartawan, upcara adat tersebutu dimaksudkan agar wair matan atau pokok mata air tetap terjaga.

Selain acara adat, Bupati dan rombongan juga penanaman beberapa jenis pohon dan acara makan siang di tengah hutan.

Salah seorang Anggota DPRD Sikka dari Dapil Nita, Supriyance Merison Botu dalam keterangannya kepada wartawan di sela-sela kegiatan tersebut memberikan apresiasi kepada Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo atas perhatiannya yang luar biasa untuk masyarakat di kawasan tersebut.

“Terus terang, ini merupakan sebuah kehormatan dan kebahagiaan yang sangat luar biasa, karena baru kali ini Bupati Sikka yang memimpin Nian Tana Sikka bisa berani datang di tempat yang cukup ekstrim ini. Kami tak menyangka, Beliau bisa datang dan melihat rakyatnya di kawasan hutan ini,” tegas wakil dari Partai Gerindra di DPRD Sikka ini.

Dikatakan, dengan HUT RI ke 75 dan kedatangan Bupati Sikka ke kawasan ini, memberikan bukti bukan janji, bahwa dia adalah pemimpin yang hebat dan selalu datang melihat rakyatnya.(SON-R1)

Bagikan

Komentar

Berita Lainnya