oleh

Cegah Covid 19: KM Delta Mas V Baru Diijinkan Sandar di Pelabuhan Terong Flotim

-NUSANTARA-189 views

Laporan : Didimus Lewogete

LARANTUKA, MN- Kapal barang dari Surabaya, KM. Delta Mas V selama 12 jam lamanya belum bisa diijinkan sandar di Pelabuhan Terong Adonara Flores Timur (Flotim), Minggu (5/4/2020).

“Belum bisa sandar, karena masih harus diperiksa dulu oleh Tim Satgas Covid 19 Flotim,” ujar salah seorang ABK yang berhasil dikonfirmasi melalui telepon selulernya, Minggu pagi.

Pantauan wartawan di Pelabuhan Terong, kapal barang dengan full muatan itu baru bisa sandar sekitar pukul 11.00 WITA, setelah Tim Satgas Covid 19 Flotim yang terdiri dari tim medis dari Puskesmas Waiwerang dan aparat keamanan tiba di Dermaga Terong.

Usai sandar, 16 kru kapal ditambah dengan 3 warga yang ikut berlayar dari Surabaya, 1 April 2020 itu, diperiksa suhu badan dengan menggunakan Thermo gun, serta disemprot cairan disinfektan oleh petugas medis yang tergabung dalam Tim Satgas Covid 19 wilayah Adonara.

Usai melakukan test suhu tubuh dan penyemprotan cairan disinfektan, para ABK dan penumoang didatakan secara intensif oleh petugas.

Data yang berhasil dihimpun di lapangan, dari hasil pemeriksaan petugas medis, 19 orang tersebut bersuhu badan normal. Meski demikian, mereka disarankan untuk melakukan karantina di atas kapal untuk mengantisipasi penyebaran covid 19 di wilayah itu dan tetap dalam penanganan dan pantauan Satgas Covid 19 wilayah Adonara.

Upaya pencegahan penyebaran covid 19 di Kabupaten Flotim, intensif dilakukan oleh Pemkab setempat melalui Satgas Covid 19 Flotim, bekerjasama dengan aparat penegak hukum di wilayah itu.

Hingga saat ini tercatat di Flotim, sebanyak 5 ODP, namun 2 diantaranya sudah sembuh dan PDP masih nihil.

Ketua Satgas Covid 19 Flotim, Antonius Hubertus Gege Hadjon dalam keterangannya kepada sejumlah wartawan mengatakan, upaya pencegahan covid 19 terus dilakukan oleh pihaknya.

Bupati Flotim ini juga sangat berharap agar, masyarakat bisa mengikuti anjuran pemerintah dan tetap menerapkan physical distancing serta menjaga kesehatan selama masa karantina ini.(*)

Bagikan

Komentar

Berita Lainnya