oleh

Berkas Kepala Desa Dobo Sikka Siap Dilimpahkan ke PN Maumere

-HUKRIM-181 views

MAUMERE, MN- Berkas dugaan kasus penyelewengan alokasi dana Desa Dobo senilai Rp. 1.196.246.318, siap dilimpahkan ke Pengadilan Negeri (PN) Maumere.

Saat ini Kejaksaan Negeri Sikka masih menyusun dakwaan terhadap tersangka Kepala Desa Dobo, Paulus Beni, yang sudah ditahan Kejaksaan Negeri Maumere, Rabu (30/10/2019) lalu.

Hal itu dijelaskan Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Maumere, Azman Tanjung, SH kepada Maumere News, saat dikonfirmasi, Kamis (7/11/2019) di ruang kerjanya.

Menurut dia, dari hasil penyelidikan dan penyidikan pihaknya, sudah ada beberapa keterangan para saksi yang bisa dijadikan sebagai alat bukti untuk proses hukum selanjutnya.

“Kita masih terus melakukan konfrontasi antara keterangan yang disampaikan oleh tersangka dengan para saksi. Nanti jaksa akan melihat, apakah keterangannya bisa dipakai atau tidak. Tetapi, dari beberapa keterangan para saksi itu sudah mengarah pada keterlibatan yang bersangkutan dalam pengelolaan dana desa Dobo,” ujar Kajari.

Orang Nomor Satu di Kejaksaan Negeri Sikka ini pun menambahkan, dalam dakwaan itu, pihaknya juga akan menyertakan adanya hasil audit investigasi yang dilakukan oleh Inspektorat Sikka. 

“Jadi semuanya akan dipakai untuk dakwaan dalam kasus ini. Nanti kita akan lihat di proses persidangan,” singkatnya.

Sekedar diketahui, Paulus Beni, diduga telah melakukan tindakan penyelewengan dana Desa Dobo pada tahun 2017 sebesar Rp. 1.196.246.318. Dalam pelaksanaan pembangunan, sejumlah proyek tidak dapat diselesaikan, akhirnya negara mengalami sebesar Rp.135 juta. 

Terdapat dua sumber dana yang cukup besar yakni pembangunan jalan ruas blok gaya baru, dengan kerugian sebesar Rp. 122 juta, pembangunan sarana air bersih dengan kerugian sebesar Rp.50 juta dan beberapa item lainnya seperti peningkatan olahraga dan kepemudaan, yang sama sekali tidak dilaksanakan.(MAR/REN-R1)

 

Bagikan

Komentar

Berita Lainnya