oleh

Bela Beli Sikka, Bakal Perkuat Ekonomi Kerakyatan

-DIKKES-450 views

MAUMERE, MN- Bupati Sikka,  Fransiskus Roberto Diogo,  mengatakan yang bisa perkuat ekonomi kerakyatan di Kabupaten Sikka adalah orang Kabupaten Sikka sendiri bukan orang lain.

“Dengan demikian maka kita perlu menciptakan pasar sendiri dari hasil produksi dari kabupaten sikka. Kita wajib kampanyekan produksi dari kabupaten Sikka,” tegasnya saat membuka dengan resmi Acara Dialog interaktif Peluang Pengembangan Usaha bagi UMKM  dan kaum muda bersama Pemerintah Kabupaten Sikka dan lembaga keuangan mikro, yang berlangsung di aula Hotel Pelita Maumere,  Jumat, (13/03/2020).

Dirinya juga mencontohkan pihak pemerintah Kabupaten Sikka akan bekerja sama dengan lembaga ekonomi di Nian Sikka untuk produksi minyak kepala, coklat, pakaian seragam, abon ikan, bakso ikan pentolan ikan dan hasil olahan ikan lainnya.

“Dengan perkuat hasil produksi dalam daera,  kita sudah bela Sikka. Kita juga ajak masyarakat harus beli hasil produksi tangan-tangan orang Sikka,” harapnya.

Ia juga memotivasi peserta dari kelompok UMKM, dan orang-orang muda dan para pegiat ekonomi dari Yayasan Plan Indonesia,  CU Obor Mas, dan undangam lainnya, agar mampu menciptakan lapangan kerja sendiri dengan usaha ekonomi produktif.

“Pemerintah Kabupaten Sikka, akan terus mendukung penuh usaha-usaha ekonomi kerakyatan yang tumbuh dan berkembang di Nian Tana Sikka ini. Kaum muda harus bekerja keras dengan manfaatkan potensi sumber daya alam yang kita miliki untuk ciptakan pasar sendiri.,” tegasnya.

Dia menambahkan, Pemkab Sikka ke depannya beroptimis akan menjadikan Sikka sebagai daerah produsen.

“Untuk jadi daerah produsen, harus kuatkan kapasitas diri dan tekuni usaha yang sudah kita kerjakan, dan hasilkan lebih banyak lagi dari hari ke hari,” katanya.

Bupati menambahkan, usaha sendiri seperti sebagai tukang jahit, harus jadi tukang jahit profesional, buat abon ikan maka harus hasilkan abon ikan yang dalam jumlah besar, bakso dan pentolan ikan juga harus berkelanjutan, begitu juga usaha lainnya.

“Kita akan terus menyiapkan dana untuk modal usaha dalam memperkuat usaha UMKM di wilayah ini,” tegasnya.(MAR-R1)

Bagikan

Komentar

Berita Lainnya