oleh

36 Peserta Dilatih Disnakertrans Sikka di Aibura

-EKBIS-460 views

MAUMERE, MN- Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sikka, menggelar berbagai pelatihan keterampilan bagi para pencari kerja di wilayah ini. Kegiatan yang dilaksanakan selama 20 hari kerja tersebut, dipusatkan di Aibura tersebut diikuti sedikitnya 36 peserta yang berasal dari beberapa kecamatan di Kabupaten Sikka.

Kepala Bidang Pelatihan Tenaga Kerja pada Disnakertrans Kabupaten Sikka, Johanes Berchmans dalam keterangannya kepada Maumere News di ruang kerjanya mengatakan, dalam rangka meningkatkan kualitas dan produktifitas tenaga kerja, pihaknya menggelar pendidikan dan pelatihan ketrampilan bagi pencari kerja.

“Ada beberapa pelatihan yang kita laksanakan yakni mulai dari kursus menjahit, pelatihan keterampilan meuble bambu, pangkas rambut dan juga tenun ikat yang lebih dikhususkan pada pewarnaan benang. Kegiatan pelatihan ini terdiri dari dua gelombang. Untuk gelombang pertama terdiri dari 20 peserta. Kegiatan gelombang pertama ini merupakan program Kecamatan yang dimediasi oleh Disnakertrans. Sedangkan dari rencana kerja perancanaan teknologi Disnakertrans, ada sebanyak 16 peserta. Mereka berasal dari Desa Kolisia B Kecamatan Megepanda dan Desa Langit Kecamatan Kangae. Masing-masing desa mengirimkan 8 orang,” jelasnya.

Untuk kegiatan pelatihan menjahit, setelah pelatihan ini akan diberikan bantuan mesin jahit bagi masing-masing peserta termasuk dengan mesin obras, yang akan diberikan dua peserta satu mesin.

“Kita berharap dari kegiatan ini, keterampilan yang mereka dapatkan bisa dikembangkan untuk usaha-usaha produktif di wilayahnya masing-masing. Kita juga akan terus melakukan komunikasi aktif dengan peserta yang sudah kita bina dan latih,” katanya.

Disinggung apakah pihaknya juga melakukan kerjasama dengan pihak luar, kata dia, dari jenjang pendidikan dan pelatihan ini, jika usahanya maju maka pihaknya akan mengirimkannya lagi ke Pendidikan Latihan Kerja (PLK) di Semarang Jawa Tengah.(MAR-R1)

Bagikan

Komentar

Berita Lainnya