oleh

20 Kecamatan Ikut Lomba Cipta Menu

-SOSBUD-876 views

MAUMERE, MN- Setidaknya 20 tim masak dari seluruh kecamatan di Kabupaten Sikka, Selasa (2/7/2019), mengikuti Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman , yang berlangsung di Aula Dinas Pertanian Sikka.

Kegiatan itu dibuka resmi oleh Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo atau Robby Idong, dihadiri oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sikka dan sejumlah pimpinan OPD serta Camat se-Kabupaten Sikka.

Dalam sambutannya di depan para peserta lomba, Bupati Idong menyebutkan, pemanfaatkan terhadap bahan makan lokal menjadi prioritas pemerintah dalam mendorong terciptanya sumber daya manusia yang berkualitas.

Orang Nomor Satu di Sikka ini lebih lanjut menyebutkan, pemerintah daerah ke depannya akan berupaya untuk melakukan kebijakan take off.

“Kebijakan ini bertujuan untuk menurunkan tingkat ketergantungan konsumsi masyarakat Sikka, terhadap semua produk bahan makanan dari luar yang diproyeksikan akan dilakukan beberapa tahun ke depan. Artinya dengan melakukan kebijakan ini, maka produk makanan local akan semakin bernilai. Sudah saatnya, kita menggunakan makanan dengan produksi local yang lebih memiliki nilai gizi yang tinggi,” tegasnya.

Kebijakan ini pun, lanjut dia, lebih diarahkan untuk meningkatkan produktifitas masyarakat, sekaligus meningkatkan taraf hidup masyarakat petani.

Lebih lanjut, Bupati Robby, menyebutkan, selain kebijakan take off, tetapi juga dilanjutkan dengan kebijakan protection.

“Kebijakan proteksi ini,  diharapkan ke depannya kita hanya menggunakan produk local. Masyarakat kita harus bisa diarahkan untuk kembali mengkonsumsi makanan local, seperti nenek moyang kita dulu. Ketika mereka mengkonsumsi makanan local, umur mereka lebih panjang,” ujarnya.

Dari pantauan wartawan, usai membuka kegiatan tersebut, Bupati dan Istri, langsung meninjau 20 meja peserta. Beberapa kali Bupati Idong mencicipi makanan khas Sikka yang diproduksi oleh ibu-ibu PKK dari seluruh kecamatan.

Dari 21 kecamatan, hanya 1 kecamatan yang absen tidak mengikuti lomba cipta menu yakni Kecamatan Tanawawo.(SON-R1)

 

Bagikan

Komentar

Berita Lainnya